Pesan di Balik Viral Mobil Parkir dalam Rumah Warga Tasikmalaya

oleh -97 views
Link Banner

Porostimur.com | Tasikmalaya : Kreativitas yang dilakukan Tendi Kurniawan, pemilik rumah di Jalan Tentara Pelajar Kota Tasikmalaya yang sempat viral karena mobilnya terlihat ada di dalam rumah, menyita perhatian publik. Salah satu motivasi Tendi melakukan modifikasi bagian muka rumah, salah satunya adalah untuk dapat mengamankan mobil miliknya.

Dia mengatakan memiliki rumah di pinggir jalan protokol, sangat riskan jika harus memarkirkan mobil di pinggir jalan. Selain menyangkut keamanan juga membahayakan atau mengganggu pengguna jalan lain.

Sebagaimana diketahui parkir kendaraan di jalan atau kawasan pemukiman kerap menjadi masalah sosial. Tak sedikit warga memiliki mobil tapi belum menyiapkan garasi, alhasil mobil diparkir di jalan dan mengganggu hak pengguna jalan lain.

“Itu saya pikirkan ketika pertama punya mobil, Kijang waktu itu, sekitar 30 tahun lalu,” kata Tendi Kurniawan pemilik rumah yang beralamat di Kampung Citapen RT 04 RW 03 Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang, Jumat (25/2/2022).

Di sisi lain, dia juga memiliki usaha jasa menjahit dan berniat menyewakan sebagian lahan miliknya itu. Jadi di bagian depan rumah itu, dia memiliki dua kepentingan, yakni sebagai tempat usaha dan garasi.

Baca Juga  Menang Besar, Prancis Lolos Ke Qatar

Keinginan dan kepentingan Tendi ini rupanya berhasil diterjemahkan oleh tukang yang merenovasi rumah Tendi. Sehingga menghasilkan karya bangunan yang unik.

“Jadi awalnya saya ingin menyewakan sebelah toko, si tukangnya pinter. Dia memodifikasi disesuaikan dengan keinginan saya,” kata Tendi.

Dia mengatakan modifikasi yang dilakukannya cukup efektif dan berhasil memenuhi kebutuhan atas lahan dengan lebar sekitar 6 meter ini.

“Jadi ini bukan ruang tamu, melainkan tempat saya usaha menjahit,” kata Tendi.

Sebelumnya modifikasi yang dilakukan Tendi terhadap bagian muka rumahnya sempat ramai dibicarakan warganet. Mereka heran dengan ‘kamuflase’ jendela besar yang sebenarnya mirip gerbang.

Bagian jendela besar dan pintu di muka rumah sekaligus jasa penjahit Ideal Tailor itu, ternyata bukan tembok. Melainkan material kayu dan papan, sehingga bagian jendela itu bisa dibuka tutup atau dengan sistem knock down.

Baca Juga  Akhir Pekan Horor 4 Tim Top Eropa

Amir (38) salah seorang tukang bangunan warga Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya mengatakan rumah viral itu memang bisa menjadi solusi untuk rumah mungil tapi multi fungsi.

“Menyatukan garasi dengan tempat usaha, siang jadi tempat usaha kalau malam jadi garasi, begitu kan,” kata Amir, Minggu (27/2/2022).

Amir mengatakan bisa saja pemilik rumah tidak melakukan itu, dan hanya menggunakan pintu besi atau rolling door.

“Tapi sepertinya kalau hanya rolling door, tempat usaha yang terbuka seperti itu tidak cocok untuk usaha tukang jahit. Debu bisa masuk dan mengangggu kenyamanan pekerja,” kata Amir.

Sehingga inisiatif membuat gerbang dalam bentuk jendela berkaca besar, menurut Amir merupakan ide yang cemerlang.

Baca Juga  Jubir Erick Thohir Soal Korupsi di Waskita Karya: Bukan Sesuatu yang Mengejutkan

“Itu kan sebenarnya gerbang, tapi berbentuk jendela. Jendela besar seperti itu dengan kaca nako di bagian kanannya, itu desain rumah khas era 90-an. Sehingga tampilan tempat usahanya tetap bagus dan fungsi garasi juga bisa didapat,” kata Amir.

Namun demikian jika ingin mengadopsi konsep seperti itu, menurut Amir harus dibarengi pintu ganda di bagian luar.

“Rumah itu bagus, di bagian terluarnya dipasang rolling door. Sehingga aman. Kalau hanya gerbang berupa jendela kaca menurut saya kurang aman. Kecuali kalau pagarnya tinggi,” kata Amir. (web-dtc)

No More Posts Available.

No more pages to load.