Polda Maluku Luncurkan Program Transformasi Layanan Berbasis Digital

oleh -82 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepolisian Daerah Maluku meluncurkan Program Transformasi Layanan Berbasis Digital. Diantaranya Website resmi Polda Maluku dan aplikasi pelayanan Salawaku Emarima.

Program Transformasi Layanan Polda Maluku Berbasis Digital ini dilounching oleh Kapolda Maluku Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si., melalui Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes, M.M, Jumat (13/8/2021).

Peluncuran Website maluku.polri.go.id dan aplikasi Salawaku Emarima yang bekerjasama dengan Yayasan Heka Leka ini berlangsung di Ruang Rapat Utama Mapolda Maluku, Kota Ambon.

Website maluku.polri.go.id sendiri menyajikan informasi-informasi terpercaya, serta berbagai kegiatan yang dilaksanakan Polda Maluku dan Polres jajaran.

Sementara aplikasi Salawaku Emarima, didalamnya terdapat pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) Online, Ijin Keramaian, dan Call Center 110.

Untuk call center 110, masyarakat dapat menyampaikan berbagai informasi yang terjadi di daerah masing-masing, seperti gangguan kamtibmas, dan berbagai gangguan kejahatan lainnya.

“Selaku pimpinan Polda Maluku saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Heka Leka serta panitia Program Transformasi Layanan Polda Maluku Berbasis Digital yang bekerja dengan keras dan gigih sehingga dengan waktu yang singkat ini semua proses launching hari ini dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Kapolda dalam sambutannya yang dibacakan Wakapolda Maluku.

Sebagaimana dipahami bersama bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), penegakan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Peran Polri dilakukan dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Baca Juga  Wakapolda Maluku Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Untuk menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab tersebut, diperlukan kepercayaan masyarakat (public trust) yang dapat dibangun melalui kegiatan pembentukan opini positif public/sentimen terhadap kinerja polri umumnya dan Polda Maluku khususnya.

Kegiatan ini juga dilakukan demi menindaklanjuti program prioritas Kapolri yaitu Produktif, Responsibilitas, Transparansi (Presisi) berkeadilan dengan tujuan menata kelembagaan, perubahan sistim dan metode organisasi.

Selain itu, juga untuk menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang unggul di era moderen saat ini, khususnya program 13 tentang pemantapan komunikasi publik, peningkatan integrasi teknologi dan komunikasi dengan media untuk akses layanan informasi, pengaduan dan partisipasi masyarakat.

“Di era digital saat ini, layanan online seperti website dan aplikasi online merupakan salah satu media yang paling sering di akses dan digunakan untuk mencari berbagai informasi sebagai sarana komunikasi informasi dan layanan masyarakat, seperti google, facebook, bukalapak, tokopedia dan lain-lain,” katanya.

Dengan adanya website Polda dan aplikasi Online Salawaku Emarina, Mantan Kakorlantas Polri ini berharap dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses semua informasi dan layanan Polri khususnya di wilayah hukum Polda Maluku dan jajaran.
“Sehingga melalui transformasi digital ini maka akan membantu sistem pelayanan masyarakat dan pengawasan oleh masyarakat dengan cepat, mudah dan terukur,” harapnya.

Hadirnya website dan aplikasi ini, juga diharapkan dapat mengawasi kinerja Polda Maluku, tidak hanya secara internal, tetapi juga secara eksternal.

Baca Juga  Hadapi money politic, Bawaslu siap kuda-kuda

“Sebab saat ini merupakan era keterbukaan sehingga tidak perlu ada ditutup – tutupi. Dari situ akan diketahui bagaimana potret polisi sehingga apa yang menjadi kekurangan bisa diperbaiki,” sebutnya.

Peluncuran website dan aplikasi Salawaku Emarina merupakan langkah strategis dari program transformasi layanan Polda berbasis digital. Ini merupakan bagian dari implementasi program Presisi khususnya program ke 13 pada kegiatan 42 yang dicanangkan Kapolri tentang pemantapan komunikasi publik.

“Di mana pada prinsipnya polri akan lebih siap menerima kritik, sehingga polri ke depan bisa menjadi polri yang adil, jujur, transparan dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya,” harapnya.

Harapannya, dengan kehadiran website dan aplikasi Polda Maluku ini dapat menghadirkan pelayanan kepolisian yang semakin moderen, prima dan menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan perubahan, perkembangan ilmu dan teknologi.

“Website Polda Maluku dan aplikasi Salawaku Emarina juga memberikan alternatif bagi masyarakat yang sudah semakin akrab dengan dunia digital sekaligus berkolaborasi dengan masyarakat untuk saling bertukar informasi tentang penegakan hukum yang terjadi di lingkungan masyarakat yang sangat menekankan pada kecepatan dan kemudahan mendapatkan pelayanan,” katanya.

“Kita patut bangga bahwa dengan peluncuran website Polda dan aplikasi Salawaku Emarina ini menampilkan konten-konten unggulan seperti spesifikasi website, layanan Polda online yang mencakup izin keramaian, SKCK online, forum dan internal inbox serta aplikasi mobile dan maintenance website yang lebih menyentuh langsung terhadap kebutuhan masyarakat dan kemudian akan ditindaklanjuti petugas dengan melaksanakan verifikasi,” jelasnya.

Baca Juga  Seluruh Penumpang dan ABK KM Risvin Pratama Selamat

Pada kesempatan yang baik tersebut, lanjut Wakapolda, juga dikukuhkan 4 orang pelajar sebagai duta Polda Maluku.

“Tentu hal ini berdampak besar bagi pelayanan informasi dengan menyuarakan kinerja polri dan mengkampanyekan banyak hal kepada masyarakat,” harapnya.

Olehnya itu, atas kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan Polda Maluku dengan menunjuk 4 orang pelajar yang merupakan siswa terbaik, “saya atas nama seluruh staf dan jajaran Polda Maluku mengucapkan penghargaan yang setinggi – tingginya, juga bagi orang tua yang selalu memberikan ijin kepada putra dan putrinya untuk meluangkan waktu membantu polri mengemban tugas ini.”

“Khusus bagi ke 4 siswa yang telah menerima tugas ini, saya selaku Kapolda Maluku mengucapkan terima kasih atas partisipasinya, gunakanlah peluang ini dengan sebaik – baiknya untuk mengembangkan diri.”

Di sisi lain, inovasi yang dibuat ini, tambah Wakapolda, sekaligus untuk menjawab kebutuhan pelayanan di masa pandemi yang harus dilakukan seperti menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

“Harapan saya dengan diluncurkannya website ini merupakan salah satu jawaban di tengah pandemi covid 19 dan juga jawaban tuntutan kepercayaan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kepolisian,” tandasnya. (keket)