Puting Beliung Turun di Laut, Warga Pelauw Panik Lihat Angin Berputar

oleh -338 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Peristiwa puting beliung membuat sejumlah kepanikan warga di Negeri Palau, Kecamatan Pulau Haruku, Maluku Tengah, Rabu (24/3/2021). Sejumlah informasi yang dihimpun, puting beliung terjadi sekitar pukul 15.30 WIB di lautan depan Negeri Pelauw

“(puting beliung) Sekitar jam 15.30 WIT, tapi ini baru didata ini. Tidak sampai ke daratan. Cuma di perairan saja,” ujar salah satu warga, saat dikonfirmasi, Rabu (24/3/2021).

Dari video yang beredar melalui pesan WhatsApp, terlihat kepanikan warga melihat fenomena puting beliung yang cukup besar tersebut.

“Sudah 60 tahun tinggal di Pelauw, Saya baru pernah melihat yang seperti ini,” ujar salah satu warga dalam bahasa Pelauw di video tersebut.

Link Banner

Untuk diketahui, Angin Puting beliung adalah angin yang berputar dengan kecepatan lebih dari 63 km/jam yang bergerak secara garis lurus dengan lama kejadian maksimum 5 menit. Orang awam menyebut angin puting beliung adalah angin Leysus, di daerah Sumatera disebut Angin Bohorok dan masih ada sebutan lainnya.

Baca Juga  DPR Tetapkan Firli Bahuri Jadi Ketua KPK Periode 2019-2023

Angin jenis lain dengan ukuran lebih besar yang ada di Amerika yaitu Tornado mempunyai kecepatan sampai 320 km/jam dan berdiameter 500 meter. Angin puting beliung sering terjadi pada siang hari atau sore hari pada musim pancaroba. Angin ini dapat menghancurkan apa saja yang diterjangnya, karena dengan pusarannya benda yang terlewati terangkat dan terlempar. (red)