Resmi Dilantik, Ikatan Alumni Tambang UMMU Malut Terget Capai SDM Untuk Industri 4.0

oleh -115 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Ikatan Alumni Tambang Universitas Mahammadiyah Maluku Utara (IKAT – UMMU) Periode 2021 – 2024 resmi dilantik Rektor UMMU Malut Sore kemarin sekira pikuk 15.00 WIT di Aula Restoran Dapur Sorasa Kelurahan Santiong Ternate Utara Sabtu (24/4/2021).

Pelantikan IKAT UMMU dilanjutkan dengan
Mining Talk Show yang ditemakan “Transformasi Sektor Pertambangan di Era Disrupsi Indusyri 4.0 – 5.0 Untuk Pembangunan Berkelanjutan”. Mining Talk Show menghadirkan dua Narasumber dari PT. HHM dan PT. Antam yang diketahui kedua perusahaan tersebut beroperasi di wilayah Maluku Utara (Malut) hingga kini.

Ketua IKAT UMMU Malut Aliyusra Jolo
kepada wartawan mengatakan, tujuan dari pembentukan organisasi mahasiswa alumni tambang yakni, dengan memperkuat tali silaturahmi sekaligus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) para alumni pertambangan untuk dapat bersaing pada Industri pertambangan, utamanya, untuk era industri 4.0 yang dibutuhkan kemampun dari mereke para lulusan pertambangan.

Baca Juga  Kodim 1509/Labuha Gelar Upacara Hari Bela Negara

“Kami menghadirkan pemateri dari NHM, yang targetnyadapat mempresentasikan bagaimana pengelolaan lingkungan hidup yang baik, teruma pada sektor mineral yang berkelanjutan. Sehingga tidak mempengaruhi kehidupan masyarakat ketika sudah habis beroperasi suatu tambang tersebut,” ujar Ketua IKAT UMMU Aliyusra Jolo.

“Selain itu, untuk Antam sendiri adalah industri yang diketahui sempat di isukan bahwa pembangunannya tidak berjalan dikarenakan terkendala pada faktor energy listriknya, dan mulai di operasikan pada tahun 2020 sesuai dengan penjelasan dari pemateri PT. Antam tadi, “tambahnya.

Ia juga menjelaskan untuk kebijakan perisahaan pada prinsipnya tetap mengacu pada peraturan undang – undang yang sudah dibuat Negara sehingga pengoperasian suatu perusahaan tetap mengacu pada aturan yang sudah di tetapkan.

Baca Juga  Dewan Pers Percayakan UPN Veteran Yogyakarta Gelar UKW Gratis di Sumsel dan Gorontalo

“Soal kebijakan untuk Undang – undang terjadi perubahan dari uu no 4 tahun 2009 ke uu nomor 3 tahun 2020 yang meliputi kebijakan pengalihanwewenang dari pronvinsi di ambil olih oleh pusat untuk diperbaiki sektor pertambangannya,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Operasi di PT. NHM Amiruddin Hasyim saat diwawancarai wartawan usai menyampaikan materi mengatakan bagi Alumni pertambangan untuk mengetahui pentingnya suatu perusahaan tambang yang dapat mengelolah lingkukan dengan baik, untuk keberlangsungan hidup masyarakat.

Selaku wakil direktur operasi/ kepala teknik tambang NHM, dirinya menyampaikan dalam pengoperasian tambang sendiri pihak perusahaan tetap mengacu pada Undang – undang yang telah dibuat.

“Perusahaan saat melakukan operasi tetap mengikuti standar atau batas luas yang sudah di izinkan pemerintah, sebab kami pihak perusahaan apa yang sudah di atur oleh pemerintah melalui aturan dan Undang – undang kami tetap mngikuti prosedur itu,” ucapnya.

Baca Juga  Pelni Kerahkan Semua Armada Jelang Natal dan Tahun Baru, ABK Wajib Pakai Hazmat

Ia juga menambahkan pentingnya mahasiswa alumni pertambangan yang mampuh melakukan terobosan – terobosan bernilai kreatif sehingga, tidak menjadi pengangguran usai studi.

“Saya lebih fokus pada mahasiswa alumni tambang, sebab mereka harusnya lebih kreatif dan spirit perjuangan harus tinggih, sehingga ketika sudah lulusan pertambangan seperti itu mereka dapat melihat peluang terpenting agar dapat mereka manfaatkan,” tutur Amiruddin.

Ia berharap pentingnya cara pengelolaan lingkungan yang baik sehingga tidak menganggu kehidupan masyarakat apabila suatu perusahaan telah selesai melakukan operasi pertabangan,” pungkasnya. (adhy)