Sidang PHPU Pileg Maluku Tengah Rampung, Putusan Tunggu Rapat Permusyawaratan Hakim

oleh -31 views
Ketua majelis hakim Saldi Isra

Porostimur.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) menyelesaikan rangkaian sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) pemilihan legislatif (pileg) Maluku Tengah. Majelis hakim akan membawa seluruh data dan bukti dalam rapat permusyawaratan hakim.

“Ini sekaligus mengakhiri sidang PHPU untuk Provinsi Maluku. Biarkan kami dengan tenang memutus untuk melihat semua fakta-fakta,” kata Ketua Majelis Hakim Saldi Isra di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024). 

Agenda sidang dengan nomor perkara 256-01-04-31/PHPU.DPR-DPRD-XXII/2024 itu ialah pembuktian lanjutan. Sidang yang dimohonkan Partai Golkar itu bertujuan membuka kotak suara tempat pemungutan suara (TPS) 10 Desa Wakasihu dan TPS 12 Desa Hitu Lama.

Masalah di TPS 10 ialah perolehan suara Partai Gelora yang diklaim bertambah 51 suara. Padahal, partai tersebut hanya meraih 50 suara.

Baca Juga  Mengejutkan, Militer Zionis Israel Akui Hamas Tak Dapat Dilenyapkan

Setelah kotak suara dibuka dan diverifikasi, ternyata 51 suara yang dipermasalahkan merupakan surat suara tidak sah. Rinciannya, surat suara di TPS 10 ada 170 dan surat suara. Sebanyak 166 surat suara terpakai dan empat surat suara tidak terpakai. Dari 166 surat suara terpakai, surat suara tidak sah ada 51.

“Hasil C pleno, Partai Gelora dapat 50 suara. Kalau 51 suara masuk, jumlahnya 101. Jadi surat tadi tidak masuk ke Gelora berdasarkan ini. Klir ya,” ujar Saldi.

No More Posts Available.

No more pages to load.