Skenario Portugal Lolos Lubang Maut Kualifikasi Piala Dunia 2022, Pertaruhan ‘Last Dance’ Ronaldo

oleh -70 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Portugal harus mengalami shock berat setelah dikalahkan Serbia pada laga pamungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, Senin (15/11/2021) dinihari tadi.

Berlangsung di Estadio da Luz, Portugal sebenarnya hanya perlu hasil imbang untuk bisa memastikan diri lolos ke babak utama Piala Dunia 2022.

Hanya saja hal tersebut tak terjadi lantaran Portugal malah kalah dramatis di tangan Serbia.

Gol Aleksandar Mitrovic pada menit akhir menjadi biang kerok kegagalan Portugal memenangkan laga krusial tersebut.

Portugal harus kalah dengan skor 1-2 dari Serbia, meskipun Renato Sanches mampu membawa tuan rumah unggul cepat pada menit kedua.

Namun gol Dusan Tadic dan Mitrovic akhirnya menunda kelolosan Portugal ke babak utama Piala Dunia 2022.

Alhasil Portugal harus berjuang lagi untuk memperebutkan tiket lolos Piala Dunia 2022 lewat jalur playoff.

Baca Juga  Swab Massal, 51 ASN Pemkot Ambon Positif Terpapar Covid-19

Hal itu tentu menjadi kekecewaan bagi Portugal yang memiliki skuat bintang didalamnya, termasuk keberadaan Cristiano Ronaldo.

Impian Ronaldo untuk bisa tampil dalam edisi Piala Dunia 2022 untuk terakhir kali dalam karier berpeluang hangus jika Portugal tidak bisa melewati babak play-off.

Lantas bagaimana skenario Portugal untuk bisa lolos ke babak utama Piala Dunia 2022 tahun depan agar Ronaldo bisa tampil sekali lagi dalam ajang bergengsi empat tahunan tersebut.

Jika melihat aturan yang ada, Portugal akan tergabung dengan 11 tim lainnya asal Eropa yang akan berjuang memperebutkan tiga tiket terakhir ke babak utama Piala Dunia.

Terkait lawan tanding yang akan dihadapi Portugal, undian playoff dijadwalkan baru akan berlangsung pada hari Jumat, 26 November 2021 mendatang.

Baca Juga  Nissa Sabyan Muncul Lagi Promosi Single Terbaru ‘La Hawla’, Komentar Pasha Ungu Diserbu
Reaksi penyerang Portugal Cristiano Ronaldo pada akhir pertandingan sepak bola grup A kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 antara Portugal dan Serbia, di stadion Luz di Lisbon, pada 14 November 2021.
Reaksi penyerang Portugal Cristiano Ronaldo pada akhir pertandingan sepak bola grup A kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 antara Portugal dan Serbia, di stadion Luz di Lisbon, pada 14 November 2021. (PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Dilansir Marca, format yang akan dipakai pada babak playoff Piala Dunia 2022 akan sama dengan Euro 2020 lalu.

Babak playoff akan memainkan satu pertandingan dalam dua putaran, dimana ada 12 tim yang akan saling sikut di dalamnya termasuk Portugal.

10 tim berasal dari runner-up fase kualifikasi, sementara 2 tim lainnya adalah dua pemenang grup terbaik UEFA Nations League yang tidak bisa finish pada posisi teratas di grupnya masing-masing pada babak kualifikasi.

Selain Portugal, sudah ada beberapa tim kuat yang berada di babak playoff untuk saat ini.

Beberapa tim tersebut yakni Swedia, Skotlandia, Rusia, dan Austria.

Untuk slot dari UEFA Nations League kemungkinan diwakili oleh Ceko atau Wales.

Baca Juga  Megawati Ingatkan Kaders Tak Jual Aset Partai, Warganet: Jual Aset Negara Boleh

Masih ada beberapa tim lagi yang akan mengisi sisa slot babak playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Kekecewaan Fernando Santos
Pelatih Portugal Fernando Santos menyaksikan pertandingan sepak bola grup A kualifikasi Piala Dunia FIFA Qatar 2022 antara Portugal dan Serbia di akhir pertandingan sepak bola antara Portugal dan Serbia, di stadion Luz di Lisbon, pada 14 November 2021.

Alhasil skenario sederhana yang harus ditempuh Portugal untuk bisa lolos lubang maut Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan cara memenangkan laga yang akan dilakoni.

Portugal perlu menang setidaknya dua kali atas dua lawan yang berbeda di babak playoff mendatang.

Dua kemenangan pada dua fase playoff akan memuluskan langkah Portugal dan impian Ronaldo bisa tampil di gelaran Piala Dunia 2022 mendatang.

Seandainya Portugal harus kalah satu dari dua fase tersebut maka tim besutan Fernando Santos dipastikan gagal tampil di Piala Dunia tahun depan.

(red/tribunnews)

No More Posts Available.

No more pages to load.