SMA Negeri 3 Ambon Buka Pendaftaran Siswa Baru Secara Online

oleh -101 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 Ambon membuka pendaftaran penerimaan siswa baru dari tanggal 12 Juni sampai dengan 24 Juni 2021. Calon siswa dapat melakukan proses pendaftaran secara online.

Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Ambon, Drs. M. Joisangadji, M.Pd, Ambon, kepada jurnalis Porostimur.com, Rabu (23/6/2021), mengatakan, pendaftaran secara online semuanya diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan pihak sekolah hanya diminta untuk membantu mengarahkan siswa yang ingin mendaftar ke link pendaftaran yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Maluku.

Mekanisme dari pendaftaran tersebut yaitu seluruh siswa akan membuka link pendaftaran yang disediakan oleh Dinas Pendidikan tersebut dan tinggal memilih sekolah apa yang akan dipilih pada link yang disediakan. Dalam sistem pendaftaran siswa baru tersebut menggunakan beberapa sistem, yang terdiri dari sistem zonasi tempat tinggal, afirmasi, prestasi, dan kepindahan orang tua. Jadi bagi yang tidak termaksud dalam sistem zonasi tempat tinggal bisa menggunakan sistem-sistem lain yang tersedia.

Baca Juga  Kota Ambon Raih Tiga Medali Emas Lomba Nyanyi Anak dan Remaja

“Untuk tahap verifikasi kelulusan siswa tergantung dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi apakah setelah proses pendaftaran selesai langsung diserahkan ke pihak sekolah atau dinas pendidikan yang memverifikasi kelulusan siswa tersebut. Pihak sekolah hanya siap menunggu keputusan dari Dinas Pendidikan,” katanya.

Joisangadji menyampaikan, sampai saat ini jumlah siswa yang sudah mendaftar di link SMA 3 kurang lebih 250 siswa dan pihak sekolah akan selalu siap untuk membantu apabila ada siswa yang kesulitan untuk melakukan pendaftaran.

“Sampai sejauh ini hanya sedikit kendala yang dialami oleh siswa yang ingin mendaftar secara online tersebut,” ujar Joisangadji.

“Siswa hanya datang ke sekolah meminta bantuan ketika pada saat pendaftaran sinyal tidak bagus, atau mengubah file dari jpg ke pdf kebanyakan siswa masih kesulitan untuk hal-hal tersebut. Dan kami pihak sekolah siap membantu apabila ada kesulitan-kesulitan dari siswa tersebut,” pungkasnya. (nur)