Soal Papua, Tidak Cukup Bangun Jalan Saja. Ini Kata Zulkifli Hasan

oleh -107 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Kerusuhan di Papua yang meledak beberapa hari lalu, dianggap gunung es atas segala masalah yang terjadi di Papua. Ketua MPR Zulkifli Hasan menilai penyelesaian di Papua tak bisa sekadar pendekatan infrastruktur.

“Hatinya direbut, enggak bisa bangun jalan saja, enggak bisa bangun airport saja. Tapi memang Papua perlu perlakuan khusus,” ucap Zulkifli Hasan di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (25/8).

Menurut Ketua Umum PAN itu, menyelesaikan setumpuk masalah di Bumi Cenderawasih perlu kesetaraan dengan wilayah lain di Indonesia. Soal ekonomi hingga pembangun manusia.

Ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan di Milad ke-21 PAN. Foto: Nugroho Sejati/kumparan

“Perlu kesetaraan, memang tidak mudah tentu.” kata Zulkifli Hasan.

Link Banner

“Merebut hati saudara hati saudara kita Papua. Saya dulu sering ke sana, tidur, bermalam. Hampir semua Papua sudah saya datangi. Memang perlu kita rebut hatinya,” imbuhnya.

Baca Juga  700 liter sopi selundupan ke Sorong berhasil digagalkan

Zulhas menyebut Jokowi sudah sering berkunjung ke Papua, sehingga mengharapkan kedatangan Jokowi saat ini ke sana tak signifikan. Perlu penyelesaian komprehensif melibatkan banyak pihak.

“Kan sudah sering, sudah sering (Jokowi ke Papua). Tapi harus bersama-sama, enggak bisa dong presiden sendiri saja, harus pemerintahnya, DPR-nya, TNI-nya,” tuturnya.

Dia mencontohkan merebut hati Papua itu saat pencalonan kader PAN untuk DPR RI. Tahun ini PAN dapat 2 kursi.

“Semua putra terbaik Papua yang kita calonkan dan berhasil dapat dua. Itu satu kehormatan, itu contoh merebut hati,” tutupnya. (red/kump)