STOP PRESS! Resmi, Ini 6 Menteri Baru Jokowi

oleh -124 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Presiden Jokowi resmi mengumumkan pergantian susunan kabinetnya, Selasa (22/12/2020). Tri Rismaharini hingga Sandiaga Uno kini masuk dalam jajaran menteri.

Melalui siaran langsung, Presiden Jokowi mengumumkan kocok ulang alias reshuffle pertama Kabinet Indonesia Maju.

“Bapak dan ibu, saudara-saudara sebangsa setanah air, sore yang berbahagia ini, saya dan wapres mengumumkan menteri-menteri baru,” kata Jokowi.

“Saya akan memperkenalkan satu per satu menteir-menteri baru itu,” tambah Jokowi.

Dalam pengumuman itu, Jokowi memperkenalkan enam menteri barunya, mulai dari Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya, hingga mantan cawapres Sandiaga Uno.

Berikut keenam menteri baru Jokowi – Maruf Amin:

  1. Menteri Sosial Tri Rismaharini
  2. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
    Menpariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
  3. Menteri Perdagangan M Lutfhi
  4. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
  5. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Baca Juga  Kamis, Ketua DPD Kunjungi Malut

Risma sudah di Jakarta

Sebelumnya, desas-desus yang menyebut Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan diangkat menjadi menteri sosial kini makin deras.

Kekinian dikabarkan Wali Kota Perempuan pertama Surabaya tersebut ditengarai berada di DKI Jakarta pada Selasa (22/12/2020).

Dari informasi yang dihimpun pada Selasa (22/12/2020), Wali Kota Risma tidak memiliki agenda kegiatan di Kota Surabaya seperti biasa.

STOP PRESS! Resmi, Ini 6 Menteri Baru Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan akan menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksinasi COVID-19, apabila sudah ada izin dari BPOM. [Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden]

Jika sejak pagi hari, Wali Kota Risma melakukan bersih-bersih kampung maupun jalanan, pada Selasa ini tidak ada agenda sama sekali.

“Tidak ada agenda Ibu Wali Kota hari ini,” ujarnya singkat, Selasa (22/12/2020).

Sebelumnya, Risma sempat disodorkan pertanyaan oleh SuaraJatim.id usai kerja bakti pada hari, Senin (22/12/2020) kemarin, perihal masuknya nama Risma dalam bursa reshuffle kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga  HUT Haltim, Pemkab gelar penerangan hukum terpadu

Mendapat pertanyaan tersebut, Risma menyatakan belum memastikannya.

“Kamu itu onok-onok wae (apa-apa aja). Nanti pasti tamen-teman wartawan Surabaya yang saya kasih info terlebih dulu, tunggu ya,” ujarnya sambil tertawa.

Sandiaga mumpuni

Sebelumnya, Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno sudah dikabarkan bakal dipilih Presiden Jokowi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) terkait kabar adanya pergantian menteri atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Mendengar hal tersebut, Partai Gerindra tidak meragukan kapabilitas dari sosok Sandiaga. 

Waketum Gerindra Habiburokhman mengatakan kalau Sandiaga menjadi salah satu kader terbaik yang ada di partainya. Sehingga untuk menjadi menteri sekalipun, ia tidak meragukan kapabilitasnya. 

“Beliau juga sosok yang sudah selesai dengan urusan materi, sehingga bisa lebih berkonsentrasi jika mendapatkan tugas,” kata Habiburokhman saat dihubungi, Selasa (22/12/2020).

Baca Juga  Wafat Dalam Pelayaran, Jenazah ABK KM Kelapa Dua Diturunkan di Pelabuhan Bitung

“Kalau soal kapabilitas saya rasa tidak ada yang meragukan,” tambahnya.

Meski begitu, Habiburokhman tidak menjawab perihal adanya panggilan dari Istana untuk Sandiaga. Menurutnya tidak etis apabila pihaknya kemudian mendahului Jokowi yang memiliki wewenang. (red/suara)