Temui Pengunjuk Rasa di Obi, Ini Sikap Bupati Halsel

oleh -610 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Guna memastikan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat atas aksi yang dilakukan oleh ratusan masyarakat di Kantor Kecamatan Obi Kepulauan yang menuntut agar PT. Harita angkat kaki dari Obi, Bupati Halsel, Usman Sidik didampingi Walikota Tidore, Capt. Ali Ibrahim, Dandim 1509 Labuha, Letkol. Inf. Untung Prayitno, S.I.P, M. Han, Kapolres Halsel, AKBP. Muhammad Irvan S.I.K, sejumlah Anggota DPRD Halsel langsung menuju Obi Kepulauan, Senin (23/8/2021).

Setibanya di Obi Kepulauan, Bupati langsung menemui ratusan massa aksi yang sudah menggelar aksi di depan kantor Camat Obi.

Di hadapan Bupati Halsel Usman Sidik, perwakilan pengunjuk rasa Budiman Safi mengatakan, pemerintah pusat telah menetapkan jalan lingkar Pulau Obi sebagai prioritas pembangunan nasional maka Aliansi Masyarakat Pulau Obi Bersatu sebagai fasilitator dan mediator masyarakat menolak surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dikeluarkan pada Senin 3 Mei 2021 Nomor : S.457/RKTL-REN/PPKN/PLAO/5/2021 yang menjawab surat Gubernur Malut Nomor : S22.73/1034/G pada tanggal 20 Mei 2021.

Baca Juga  Kapolda komitmen tuntaskan 2 kasus perwira Polda Maluku

“Dengan adanya surat tersebut maka kami menilai pembangunan jalan strategis nasional terancam gagal. Maka kami menyampaikan tujuh poin tuntutan yakni, mengutuk keras upaya PT. Harita untuk memindahkan jalur atau rute jalan lingkar Obi dan mendukung penuh jalur rute jalan lingkar Obi yang saat ini sudah di bangun Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Maluku Utara. Meminta kepada Bupati Halsel Usman Sidik, Gubernur Malut, KH. Abd Gani Kasuba dan Presiden Republik Indonesia agar tidak menyetujui permintaan pemindahan jalur atau rute jalan lingkar Obi yang diinginkan oleh PT. Harita melalui surat yang dikeluarkan oleh PT. Trimegah Bangun Persada Nomor 171/TBP/VIII/2021,” tukas Budiman.

Lanjut Budiman, masyarakat juga meminta Gubernur Maluku Utara segera melengkapi kekurangan dokumen pinjam pakai hutan kegiatan pembangunan jalan lingkar Obi sebagaimana tertuang dalam surat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan No 5456/RKTL-REN/PPKN/PUO/5/2021.

Baca Juga  Bupati Halsel Hadiri Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara di Gorontalo

“Kami juga meminta kepada DPRD Kabupaten Halmahera Selatan dan DPRD Maluku Utara agar berpihak kepada masyarakat Obi terkait pembangunan Jalan lingkar Obi,” pinta Budiman.

Menanggapi tuntutan massa aksi, Bupati Halsel Usman Sidik dengan tegas mengatakan, dirinya memahami benar apa yang menjadi tuntutan masyarakat Obi dan sebagai pemerintah dirinya akan menjadi garda terdepan mengawal kepentingan masyarakat.

“Masalah jalan lingkar Pulau Obi ini, saya akan menjadi garda terdepan dalam mengawal kepentingan masyarakat Obi, maka saya, Kapolres dan Dandim akan berkordinasi dengan pihak PT. Harita untuk menyelesaikan polemik yang terjadi saat ini,” tegas bupati disambut baik ratusan masa aksi yang hadir dalam aksi tersebut

Baca Juga  Netfid dan Bawaslu Maluku Tanda Tangan MoU

Lebih lanjut, Usman mengatakan, dalam pertemuan nanti dengan pihak PT Harita Nickel, dirinya akan bersikeras agar jalan lingkar Pulau Obi segera dilanjutkan tanpa terkecuali karena proses pekerjaan juga sudah dilakukan.

“Sekali lagi saya berjanji akan tetap mengawal kepentingan masyarakat Obi, apapun itu saya akan lakukan,” tegas bupati (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.