UMMU dan Kanwil Kemenag Teken MoU Pencegahan Radikalisme dan Narkoba dengan Polda Malut

oleh -59 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Universitas Muhamadiyah Maluku Utara, Polda Maluku Utara, Polda Maluku Utara dan Kanwil Kementrian Agama melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) tentang Pembinaan Harkamtibmas dan Menumbuhkan Kesadaran Hukum di Lingkungan Kampus dan Madrasah di Ternate.

Penandatanganan MoU ini dilakukan di obyek wisata Waterboom Kelurahan Kayu Merah Kecamatan Kota Ternate Selatan, Rabu (11/09/19)

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor UMMU DR. Saiful Deni, S. Ag, M. SI. Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si. dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara H. Sarbin Sehe, S. Ag.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Malut, Perwakilan Kasat Binmas Polda Malut, pengurus OSIS SMA se-Kota Ternate, perwakilan Gudep Pramuka SMA se-Kota Ternate, serta para peserta yang berjumlah lebih kurang 100 orang.

Rektor UMMU Dr. Saiful Deni, S.Ag, M.Si, dalam sambutannya mengajak seluruh stakeholders terkait langsung turun ke lapangan bersama-sama dalam rangka meminimalisir potensi paham radikalisme serta penyebaran narkoba.

Baca Juga  Lomba Mural, Warnai Perayaan HPSN di Ambon.

“Universitas Muhamadiyah Maluku Utara siap menjadi pilar utama dalam memerangi bahaya radikalisme dan narkoba,” imbuhnya.

“Saya sebagai Rektor sudah menekankan kepada para dosen dan Pengurus Universitas Muhamadiyah bahwa, jika ada mahasiswa atau dosen yang terindikasi faham radikalisme dan narkoba, maka yang bersangkutan langsung dikeluarkan dari Kampus.” tegas Rektor.

Kombes Pol M. Nasihin selaku Ketua Panitia penandatanganan MoU mengatakan, dengan adanya kerja sama antara Polri dan Kementerian Agama serta Kampus UMMU, diharapkan potensi bahaya dapat diminimalisir.

Menurut Nasihin, memelihara situasi Kamtibmas bukan hanya tugas Polri dan TNI melainkan tugas seluruh masyarakat. Oleh sebab itu diperlukan dukungan dan kerjasama semua pihak termasuk Instansi pemerintah maupun kalangan kampus.

Baca Juga  Sejumlah Wartawan Silaturahmi Dengan Kapolsek Sulabesi Barat

Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol. Drs. Suroto, M.Si dalam sambutannya mengatakan, bahwa tugas pokok Polri sebagaimna tercantum pada Pasal 13 UU Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, adalah untuk memilihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakan hukum dan melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat.

Dalam Pasal 3 UU Nomor 22 Tahun 2002 tersebut, dijelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas, Kepolisian Negara Republik Indonesia, dibantu oleh Kepolisian Khusus (Polsus), Penyidik Pegawai Negri Sipil (PPNS), dan PAM Swakarsa.

Berkaitan dengan PAM Swakarsa inilah termasuk di dalamnya lingkungan Kampus dan Lingkungan Madrasah, di harapkan mampu berpartisipasi aktif dalam ikut serta memilihara Kamtibmas dan Sadar Hukum Minimal di Lingkungan masing – masing.

“Perlu adanya kesadaran masyarakat sebagai Objek dan Subjek terkait Gangguan Kamtibmas, dan juga perlu adanya kesadaran dari Masyarakat untuk memiliki Kesadaran Hukum yang tinggi.” ujarnya.

Baca Juga  Taklukkan Republik Ceko, Denmark Melenggang ke Semifinal

Sementara Ka Kanwil Kemenag Prov. Malut H. Sarbin Sehe, S.Ag, juga menyampaikan kami merasa bangga atas Kesepakatan MOU yang diselenggarakan oleh Polda Malut.

“Ultimatum saya besok Kesepakatan ini sudah jalan dan saya menghimbau kepada seluruh Kepala Kanwil Agama yang ada di seluruh Kab/Kota Se – Malut.” Tegas Kakanwil Kemenag. Terkait dengan Radikalisme kemarin ada laporan yang saya terima bahwa ada salah satu Sekolah Madrasah saya di dalamnya ada Indikasi Faham Radikalisme, namun hal tersebut saya sudah Kroscek dan sudah bermalam di Sekolah tersebut namun hal ini belum ada.

Atas Kerjasama ini Pintu Sekolah Madrasah apabila ada Petugas Kepolisian datang saya menghimbau agar Pintu Pagar Sekolah selalu terbuka dan tidak perlu ada yang di tutup-tutup. (Vonny)