Uwais Al Qarni, Hidup di Zaman Nabi Tapi Tak Pernah Bertemu Rasulullah

oleh -29 views
Ilustrasi sahabat Nabi SAW, Uwais Al Qarni (Foto: Getty Images/GN STUDIO)

Di antara sahabat Rasulullah SAW, ada seorang pemuda yang tidak dikenal oleh penduduk bumi tetapi sangat terkenal di langit. Ialah Uwais Al Qarni, seorang sahabat Nabi yang tidak pernah bertemu beliau.

Dikutip dari Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali karya M. Abdul Mujieb, Syafi’ah, dan Ahmad Ismail M., Uwais Al Qarni adalah seorang sufi yang lahir di sebuah desa terpencil bernama Qaran di dekat Nejed.

Uwais Al Qarni adalah anak dari Amir sehingga memiliki nama lengkap Uwais bin Amir Al Qarni. Karena dilahirkan di desa yang bernama Qaran, ia lebih dikenal dengan sebutan Uwais Al Qarni.

Dikutip dari Kisah Kehidupan Uwais Al Qarni: Sang Penghuni Langit Kekasih Tuhan Semesta Alam karya Muhammad Vandestra, Uwais Al Qarni tidak berasal dari keluarga yang berkecukupan. Ia dikenal miskin dan telah lama yatim.

Baca Juga  Rombongan Pertama JCH Kloter 11 Asal Maluku Utara Tiba di Embarkasi Makassar

Uwais Al Qarni tidak mempunyai sanak saudara kecuali ibunya yang telah tua dan lumpuh. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Uwais bekerja sebagai penggembala kambing. Jika menerima rezeki lebih Uwais membantu tetangganya yang juga miskin. Uwais Al Qarni sering berpuasa di siang hari dan bermunajat di malam harinya.

Kisah Uwais Al Qarni dan Rasulullah SAW

Hati Uwais telah lama meronta-ronta untuk pergi ke Madinah demi bertemu kekasih Allah, Rasulullah SAW. Akan tetapi, ia tidak mampu melakukannya karena tidak memiliki bekal yang cukup. Ia juga tertahan oleh kenyataan bahwa ia harus senantiasa menjaga ibunya.

No More Posts Available.

No more pages to load.