Viral! Warga Togutil Datangi Lokasi Tambang di Halmahera

oleh -48 views

Porostimur.com, Jakarta – Sebuh video viral memperlihatkan tiga orang suku tertua di pedalaman Halmahera, Maluku Utara, yakni suku Togutil tiba-tiba mendatangi lokasi pekerja tambang. Mereka disambut dengan hangat oleh para pekerja dan makan bersama.

Menurut informasi dalam sebuah akun Facebook Sekilas Info dipantau porostimur.com, Senin (27/5/2204), mereka mendatangi pekerja tersebut karena kekurangan makanan.

Tampak salah satu pekerja di tambang itu memahami bahasa mereka. Menurut pekerja tersebut, mereka merupakan suku Togutil yang sudah keluar dari hutan.

Ketiga orang suku Togutil yang terdiri seorang pria dan diduga dua anak perempuan lalu diajak makan di sebuah banguan semipermanen di lokasi tambang itu.

Baca Juga  Polresta Ambon Bersinergi Dengan IMM, Ini Penjelasannya

Suku Togutil merupakan kelompok etnis yang hidup di hutan-hutan secara nomaden di sekitar hutan Halmahera Utara, Maluku Utara. Kehidupan mereka sangat tergantung pada keberadaan hutan asli dan bermukim secara berkelompok di sekitaran sungai.

Di Halmahera sendiri ada tiga konsesi nikel, yakni PT Weda Bay Nickel (WBN), PT Tekindo Energi, dan PT Position.

“Apakah mereka merasa terancam karena hutan dibabat habis, keseimbangan alam terganggu dengan adanya eksploitasi sumber daya alam?” tulis akun X @_NeverAlo#**ly dipantau porostimur.com, Senin (27/5/2024).