Walikota Sambut Baik Rencana Kerjasama Sister City Havana – Ambon

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menyambut baik rencana kerjasama yang akan dibangun Kota Havana, Kuba dengan kota Ambon, seiring dengan predikat kedua kota ini sebagai kota kreatif berbasis musik yang diakui oleh UNESCO.

Lewat sambungan telepon, Walikota di sela – sela kegiatan di Bali, Rabu (23/6/2021), menyatakan, Kuba dari segi pendakatan historis memiliki sejarah yg kuat dengan Indonesia lewat hubungan bilateral kedua negara, sejak pemerintahan Presiden pertama, Soekarno.

“Indonesia pada tahun 1960-an dibawah Presiden Soekarno, telah memiliki hubungan kedekatan dengan Kuba,” ujarnya.

Dikatakan, selain hubungan sejarah tersebut, dari segi tipikal budaya dan karakter masyarakatnya, Havana mirip dengan Ambon, dimana musik menjadi nafas dan kekuatan masyarakatnya.

Atas dasar pertimbangan tersebut, menurut Walikota, Duta Besar Indonesia untuk Kuba, Nana Yuliana, mengadakan pendekatan untuk mencoba membangun hubungan kerjasama dalam bentuk Sister City atau Kota Bersaudara antara Ambon dan Havana.

Baca Juga  Sukses Gelar Desa Tangguh Nusantara, Pemkot Beri Penghargaan untuk Polresta Ambon

Jika terealisasi maka Kota Havana akan menjadi sister city ketiga bagi Ambon, yang sebelumnya telah menjalin kerjasama Sister City dengan Kota Vlissingen, Belanda, dan Kota Darwin, Australia.

“Latar belakang budaya dan behavior yg hampir sama krn musik menjadi kekuatan, itu menjadi  harapan dari kedutaan terkait upaya untuk kerjasama. Saya melihat bahwa kalau itu bisa kita kembangkan, maka akan sekaligus memperkenalkan Indonesia melalui Ambon di dunia internasional,”kata Walikota.

Dirinya menandaskan, selama ini Kuba dan Indonesia juga mempunyai hubungan kerjasama di bidang pertanian dan bidang lainnya, tetapi secara khusus belum ada kerjasama Sister City atau kota bersaudara di kedua negara.

“Saya rasa ini positif sekali, dan merupakan dampak dari kerja keras yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat kota Ambon, tentunya kita berharap supaya lewat pendekatan sepeti ini Ambon semakin dikenal bukan hanya nasional tapi juga dunia internasional,” tandasnya.

Baca Juga  Duduk Bakumpul Bacerita Kamtibmas, Kapolda Maluku Serap Aspirasi Warga

Sebagaimana pemberitaan sebelumnya, Ambon dan Havana, Kuba sama – sama berjejaring sebagai City Of Music, dalam kegiatan G-Cinc Expert Leader yang difasilitasi oleh kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kedutaan Besar Indonesia di Kuba.

Dalam kegiatan yang bertemakan perkembangan musik digital di kedua negara,  pada Senin, 21 Juni 2021 lalu, tercetus harapan untuk mengembangkan kerjasama antara Havana – Ambon dalam kota bersaudara atau sister city. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.