20 Remaja di Ambon Tertular HIV, Dipicu Seks Bebas

oleh -1,143 views

Porostimur.com, Ambon – Sebanyak 20 remaja usia 14-17 tahun di Kota Ambon terinfeksi HIV dan penyakit menular seksual (PMS) dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Angka ini berdasarkan pendataan Yayasan Pelangi Maluku.

“Kami temukan anak remaja terinfeksi HIV dan PMS rata-rata sifilis. Kasus ini secara tidak langsung di usia 12-13 tahun, mereka sudah paham seks dan transaksi seks yang tinggi,” ujar Wakil Direktur Yayasan Pelangi Maluku Beilinda Souisa di Ambon, Senin (20/3/2023).

Dia mengatakan, puluhan anak tersebut saat ini sementara mendapat pengobatan dan pendampingan di Yayasan Pelangi Maluku dengan didampingi orang tua.

“Mengonsumsi obat untuk HIV tidak hanya saat sakit dan berhenti setelah sembuh, melainkan seumur hidup. Karena itu harus ada kesadaran minum obat setiap hari,” katanya.

Baca Juga  Lamine Yamal Cetak 2 Rekor Sekaligus pada Euro 2024

Beilinda Souisa mengatakan, salah satu penyebab anak di bawah umur melakukan transaksi seks karena tuntutan ekonomi, rasa ingin tahu dan faktor lingkungan. Kemudian masalah ekonomi dan kurangnya perhatian dari orang tua yang menjadi faktor penyebab anak terjerumus ke dalam pergaulan bebas serta berdampak buruk bagi masa depan.

“Ada anak yang kami temukan itu masih 14-17 tahun dan hampir semua mencoba. Saat tahu hasilnya mereka terus melakukan hal tersebut (ketagihan), padahal ada dampak buruk bagi kesehatan dan masa depan mereka,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.