5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Thrifting Atau Berbelanja Pakaian Bekas

oleh -54 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Tampil cantik dan kekinian tidak harus merogoh kocek yang mahal. Pasalnya, akhir-akhir ini berbelanja pakaian bekas kembali menjadi tren dan diminati berbagai kalangan dari muda hingga tua.

Tren membeli pakaian bekas ini bermula dari artis-artis internasional yang juga melakukan hal demikian, seperti contohnya Kanye West, Shia LeBouf, dan banyak yang lainnya. Hal terpenting jika kamu hendak membeli pakaian bekas, perhatikan apakah barang tersebut masih layak atau tidak. Perhatikan juga harganya dan kualitas barang. Jika kamu akan pergi membeli barang bekas, ada juga beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan bukan hanya dari barangnya.

Penasaran apa saja hal tersebut, yuk ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman Ketika Berbelanja

foto: kenakan pakaian nyaman/id.pinterest.com/hannah
foto: kenakan pakaian nyaman/id.pinterest.com/hannah

Sekarang sudah banyak sekali tempat yang khusus menjajakan pakaian bekas di pasar tertentu hingga di pinggiran jalan. Jika kamu hendak pergi ke tempat langsung seperti ini, sebaiknya gunakan pakaian senyaman mungkin. Karena waktu kamu memilih itu tidak sebentar, sehingga tubuh akan terasa gerah jika pakaian yang dikenakan terlalu ribet.

Link Banner

Selain itu, terkadang pedagang ada yang menawarkan barang melihat dari cara berpakaianmu. Seringkali mereka akan menaikkan harga jual jika kamu berbelanja dengan pakaian yang modis dan elit. Oleh karena itu, gunakan pakaian yang nyaman dan sederhana saja.

Baca Juga  BPOM Ambon Gelar Jejaring Laboratorium Mikrobiologi Dengan Awak Media

2. Lakukan Pengecekan Baju Sedetail Mungkin

foto: lakukan pengecekan/unsplash.com
foto: lakukan pengecekan/unsplash.com

Saat kamu membelipakaian bekas, kondisinya tidak mungkin bisa 100% sempurna seperti yang dijual di toko-toko baru. Namun jangan khawatir, jika kamu fokus kamu bisa mendapat barang dengan kualitas yang mendekati sempurna.

Intinya kamu hanya perlu mengecek kondisi pakaian tersebut sedetail mungkin sebelum membelinya. Entah dari kondisi warna yang sudah memudar, apakah terdapat robekan atau lubang kecil, apakah jaitan rapi dan kancingnya lengkap. Semua itu harus kamu perhatikan dengan baik, karena barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar kembali.

3. Jangan Tertipu Noda Pakaian

foto: noda pakaian/id.pinterest.com/bu.edu
foto: noda pakaian/id.pinterest.com/bu.edu

Menemukan titik-titik noda dari yang kecil hingga besar sudah bukan hal aneh lagi ketika kamu memilih pakaian bekas. Dalam benak kamu, noda pakaian ini pasti tidak bisa dihilangkan dan membuat pakaian tidak layak untuk dikenakan.

Baca Juga  Selingkuh, Oknum Brimob di Namlea Kepergok Mertua di Kamar Istri Orang

Namun kenyataannya belum tentu, lho. Sebaiknya kamu harus tahu dulu jenis-jenis noda pakaian dan jenis bahan dari pakaian tersebut. Karena, pada pakaian tertentu yang kelihatannya noda tidak bisa dihilangkan, sebenarnya bisa dibersihkan dengan mudah. Pilihan pembersih pakaian yang semakin beragam dan ampuh untuk membersihkan noda membandel bisa membantu pakaian kamu berubah sempurna. So, jangan tertipu noda saja, ya!

4. Pastikan Ukuran dan Warna Sesuai

foto: ukuran dan warna sesuai/id.pinterest.com
foto: ukuran dan warna sesuai/id.pinterest.com

Kalau tips yang satu ini harus banget kalian perhatiin untuk yang ingin berbelanja pakaian bekas secara online. Seringkali, ukuran pakaian itu berbeda setiap mereknya, sehingga kamu harus teliti betul untuk mengepaskan ukuran badan dengan ukuran pakaian tersebut.

Agar tidak terjadi kesalahan, sebaiknya tanyakan dulu detail ukuran kepada penjualnya. Begitu pula dengan warna, warna pakaian saat di foto bisa berbeda dengan warna aslinya. Jadi jangan ragu untuk mengecek dan meananyakannya kepada penjual supaya kamu yakin sebelum membeli pakaian bekas tersebut.

Baca Juga  Cristiano Ronaldo Pencetak Gol Terbanyak di Dunia, Ungguli Pele dan Bican

5. Cuci Bersih Pakaian Sebelum Digunakan

foto: cuci hingga bersih/id.pinterest.com/hellogiggles
foto: cuci hingga bersih/id.pinterest.com/hellogiggles

Untuk perkara yang satu ini cukup krusial girls. Jangan lupa untuk mencuci pakaian bekas yang sudah kamu beli hingga bersih untuk mencegah terkena penyakit kulit. Pakaian baru saja konon harus dicuci terlebih dulu sebelum digunakan, apalagi pakaian bekas, kan?

Untuk cara pencuciannya, kamu harus pisahkan dengan pakaian yang kamu miliki. Cuci khusus pakaian bekas kamu saja, ya. Caranya cukup mudah, sediakan air panas, baking soda, cuka, dan deterjen. Pertama, campurkan baking soda dan cuka ke dalam air panas di ember atau bak untuk mematikan bakteri pada pakaian. Kemudian, masukkan pakaian ke dalam air tersebut dan tunggu hingga 30 menit. Setelah selesai, angkat pakaian dan cuci seperti biasa menggunakan deterjen.

(red/beautynesia)