5 Skill Penting dalam Hidup yang Jarang Diajarkan di Sekolah

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Sekolah adalah tempat menimba ilmu”, kurang lebih begitu katanya. Meskipun kelihatannya kamu sudah mempelajari banyak hal semasa sekolah, namun ternyata 5 skill penting ini bisa jadi belum kamu pelajari di sekolah.  

Public Speaking

Sejak SD, kamu mungkin sudah sering diminta maju ke depan untuk bercerita. Kebiasaan ini sebenarnya bisa dijadikan fondasi untuk belajar public speaking, tapi jika tidak terus dilatih dan dikembangkan, maka akan lewat begitu saja. Karena public speaking ternyata enggak sesederhana itu. Masih banyak poin yang harus kamu pelajari supaya public speaking-mu semakin terasah. Contohnya seperti bagaimana supaya kalimat yang disampaikan tidak terlalu bertele-tele, bagaimana supaya orang-orang mau mendengarkanmu dan masih banyak lagi yang harus diperdalam.

Baca Juga  GMNI Demo Pertanyakan Status Negeri Adat di SBB

Untuk melatihnya, kamu bisa mulai belajar sendiri di depan cermin dan merekamnya supaya kamu bisa melihat bahasa tubuhmu dan mengoreksi yang perlu diperbaiki dan ditambahi. 

Financial Planning

Finance | Freepik.com
Finance | Freepik.com

Semasa sekolah, mungkin kamu hanya diajarkan bagaimana caranya menghitung uang, fungsi uang, siapa yang mengeluarkan uang dan sejarah uang. Namun, tentang perencanaan keuangan jarang sekali diajarkan, padahal skill satu ini termasuk penting juga. Jika skill keuangan ini tidak ditekuni dari sekarang, maka kamu akan mengalami kesulitan dalam mengontrol keuanganmu ke depannya. Kamu bisa mulai belajar financial planning hanya bermodalkan video-video dari youtube. 

Menentukan Target dan Tujuan

Planning | Freepik.com
Planning | Freepik.com

Menentukan target dan tujuan sebenarnya sudah sering dibahas ketika sekolah yaitu pada saat membahas cita-cita dan jurusan. Namun, masih banyak murid yang sebenarnya belum mengetahui tujuan mereka sendiri dan kebanyakan hanya ikut-ikutan saja. Meskipun waktumu masih banyak, tidak ada salahnya kamu mulai belajar untuk menentukan target dan tujuan kamu sendiri ke depannya. Karena dengan adanya tujuan, apa yang sedang kamu kerjakan di masa sekarang akan lebih terarah . 

Baca Juga  Kankemenag SBB Libatkan Para Penghulu dan Penyuluh Sosialisasikan 5 M dan Isbhat Nikah

Menyusun Strategi

Chess Board | Freepik.com
Chess Board | Freepik.com

Selain tujuan, penting bagi kamu untuk belajar cara menyusun strategi juga. Strategi ini sendiri disusun supaya kamu tau bagaimana cara yang tepat untuk mencapai tujuan kamu tadi. Kamu bisa belajar cara menyusun strategi dengan mempelajari analisis SWOT yaitu dengan menganalisis kekuatan dan kelemahan di dalam diri kamu serta melihat peluang dan ancaman yang datang dari lingkungan luar. 

Survival Life Skill

Man with Lifebuoy | Freepik.com
Man with Lifebuoy | Freepik.com

Hal-hal yang berhubungan dengan pelajaran hidup memang jarang diajarkan di sekolah, karena biasanya bisa kita pelajari langsung dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti Survival Life Skill yang merupakan kemampuan untuk bertahan hidup seperti memasak dan mencari uang. Kelihatannya sepele, tapi kalau kamu tidak punya skill ini, kamu akan terus-terusan bergantung kepada orang lain. 

Itulah 5 skill penting yang harus kamu miliki sedini mungkin. Karena nantinya kamu akan membutuhkan itu semua di kehidupan dewasamu yang lebih banyak tanggung jawabnya.

Baca Juga  Personil Kompi 3 Batalyon A Pelopor Brimob Maluku Semprot Cairan Disinfektan di Kota Namlea

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.