AJI Ternate dan YLPAI Maluku Utara Teken Kerjasama Bantuan Hukum untuk Jurnalis

oleh -19 views

Porostimur.com, Ternate – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Ternate dan Yayasan Lembaga Pengkajian dan Advokasi Independen (YLPAI) Provinsi Maluku Utara, melakukan penandatanganan nota kesepahaman terkait pemberian bantuan hukum terhadap para jurnalis, Sabtu (2/12/2023) di Ternte.

Penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) ini dilakukan oleh Ketua AJI Ternate Ikram Salim dan Kepala Departemen Advokasi YLPAI yang juga Managing Partner Persekutuan Perdata Kantor Hukum MTM & Associates Muhammad Tabrani Mutalib, SH, MH.

Ketua AJI Ternate Ikram Salim, mengatakan, kerjasama ini sangat membantu AJI Ternate bersama LBH lainnya mendorong kebebasan pers, serta mengadvokasi kasus pidana pers di Maluku Utara.

“Kita berharap dengan banyak jejaring, masyarakat, dan penyelenggara negara bisa memahami tugas dan kerja jurnalis di lapangan. Apalagi selama ini banyak kasus pers tidak ditempuh melalui mekanisme Undang-Undang Pers atau melalui Dewan Pers tapi justru dipidana,” ucap Ikram.

Ikram berharap, kerja sama ini setidaknya memberikan jaminan keamanan dan kebebasan jurnalis dalam melakukan kerja-kerja jurnalistik untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

“Kita berharap tidak sekadar ada pendampingan hukum saja tapi juga bersama dengan AJI berbicara tentang kebebasan pers di Malut. Jurnalis kita masih banyak yang mendapat intimidasi, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemberitaan,” tukas Ikram.

Sementara itu, Kepala Departemen Advokasi YLPAI Muhammad Tabrani Mutalib, berharap kerjasama ini dapat mendukung kekebasan pers serta independensi media, termasuk mendukung program AJI Ternate dalam memberikan dukungan perlindungan kepada jurnalis.

“Harapan kami kegiatan kerja sama ini, MoU ini, dapat meningkatkan usaha pers dan juga mendukung visi dan misi AJI Kota Ternate terkait dengan independensi media, pendampingan, advokasi, dan pelatihan-pelatihan paralegal yang dilakukan oleh AJI,” ucap Tabrani.

MoU ini juga, kata Tabrani, adalah sebagai syarat LBH YLPAI untuk kepentingan verifikasi organisasi bantuan hukum di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di tahun 2024 nanti.

Baca Juga  Pakar Asing Sebut Nasib Papua Makin Parah Jika Prabowo Memerintah

“Selain itu, saya berharap MoU ini juga membangun jejaring di antara kantor hukum, LBH maupun juga AJI Kota Ternate. Mudah-mudahan ini juga memberikan manfaat dan hal yang positif bagi masyarakat terutama dunia hukum di Kota Ternate,” ungkap Tabrani.

Berikut tiga butir kesepakatan kerjasama AJI Ternate dan Yayasan Lembaga Pengkajian dan Advokasi Independen (YLPAI) Provinsi Maluku Utara:

1. Pelaksanaan visi dan misi Aliansi Jurnalis Independen Kota Ternate di bidang pers, pelatihan paralegal dan saling menguatkan jejaring advokasi terkait kebebasan pers, kebebasan berekspresi dan berpendapat serta hak publik untuk mendapatkan informasi melalui aktivitas jurnalisme di Maluku Utara.

2. Komitmen saling mendukung dalam pelaksanaan program konsultasi dan bantuan
hukum cuma-cuma oleh Yayasan Lembaga Pengkajian dan Advokasi Independen bagi masyarakat miskin dan marjinal serta dalam pengembangan usaha pelayanan jasa hukum Kantor Hukum MTM & Associates baik di dalam maupun di luar pengadilan meliputi konsultasi hukum, bantuan hukum, menjalankan kuasa, mewakili, mendampingi, membela dan melakukan tindakan hukum lain untuk kepentingan masyarakat pencari keadilan, termasuk usaha memperdayakan masyarakat dalam menyadari hak-hak fundamentalnya di depan hukum.

Baca Juga  Caleg Stres Terpaksa Diikat karena Ngamuk Minta Uang Dikembalikan

3. Kerjasama ini sekaligus mendorong terwujudnya prinisip-prinsip negara hukum yang demokratis dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, Disamping itu juga kerjasama ini nantinya diterjemahkan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti peliputan, menyiarkan, menyalurkan informasi, penyuluhan, pendidikan, pelatihan, seminar, workshop, penelitian, kajian et cetere, mengenai usaha pers dan pelayanan jasa hukum serta bantuan hukum dalam kerangka bermitra dan berkolaborasi membangun ekosistem usaha yang sehat. (Mansyur Armain)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.