Akan Gelar Festival Jongker, Dinas Pariwisata Lakukan Pendampingan di Beberapa Tempat

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pariwisata akan menggelar Festival Kapitan Jongker di Kecamatan Kepulauan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat yang akan berlangsung pada 28 September mendatang.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, Rabu (15/9/2021), Dinas Pariwisata melakukan pendampingan di beberapa tempat antara lain di Balai Desa Tomalehu Timur pada pukul 15.50 WIT, di Desa Tuniwara pukul 16.20 WIT dan di Kantor Desa Buano Hatuputih pukul 17.10 WIT.

Kegiatan pendampingan tersebut, dalam rangka menyampaikan maksud kegiatan Festival Kapitan Jongker, persiapan pelaksanaanya, serta pengambilan dokumenter atau video untuk digunakn dalam kegiatan Seminar Nasional pada tanggal 27 September 2021.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Destinasi Pariwasata Kabupaten Seram Bagian Barat (SBb), Yusnita Tiakoly berharap, dengan adanya momen Festival Kapintan Jongker, bisa memajukan serta mempromosikan Kepulauan Manipa, memajukan perekonomian di Kecamatan Kepulauan Manipa khususnya barang tradisional serta dapat mendatangkan wisatawan dari dalam maupun luar negeri di Kecamatan Kepulauan Manipa.

“Kegiatan Festival Kapitan Jongker ini akan berlangsung pada tanggal 28 sampai 29 September 2021 di Desa Tumalehu Barat. Akan dilaksanakan giat perekaman dengan menampilkan pertunjukan budaya dari masing-masing tujuh desa di Kecamatan Kepulauan Manipa kemudian akan ditayangkn atau diupload di media online Dinas Pariwisata Provinsi Maluku pada tanggal 4 Oktober 2021”, ungkapnya.

Baca Juga  Periksa 15 Pengusaha, KPK Bidik Dua Kepala Daerah di Maluku

Tiakoly juga mengatakan, kegiatan Festival Kapitan Jongker ini merupakan langkah awal untuk mengembangkan sejarah di Kepulauan Manipa.

Dirinya juga menyampaikan, bahwa pada tanggal 27 September akan berlangsung giat Seminar Nasional di Provinsi Maluku secara firtual.

Menanggapi kegiatan tersebut, pemerintah desa (Pemdes), Badan Permusyawaratan Desa dari Desa Tomalehu Timur, Desa Tuniwara, Desa Buano Hatuputih dan masyarakat akan tetap mendukung serta mengsukseskan kegiatan Festival Kapitan Jongker dan akan menyiapkan 1 kelompok budaya yang akan ditampilkan pada saat kegiatan Festival Kapitan Jongker tanggal 29 September 2021 di Desa Tumalehu Barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut:

  • Tim Baileo Production atau panitia dari Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, Carlo Labobar, Frans Nendisa, Pierre Ajawaila.
  • Pihak Camat Kepulauan Manipa, Sarjan Talapuka, Achmad Nuruli.
  • Staf Pemdes Tomalehu Timur, Kasi Pelayanan, E. Tepelawating, Kaur Umum, Hans Maitimu.
  • Staf Pemdes Tuniwara, Sekdes Tuniwara, Abdula Prawira, Kaur Keuangan, Rahmat Prawira, Kaur Pemerintahan, H. Bafagi.
  • Staf Pemdes/BPD Buano Hatuputih, Sekdes Buano, Usman Mahu, Ketua BPD, Abd Razak Suku, anggota BPD, Ahmad Prawira.
Baca Juga  PKB Malut Targetkan Menang Pilkada di Delapan Daerah

(alena)