Akhir 2021 Pemerintah Bangun Lumbung Ikan Nasional di Ambon

oleh -212 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Pemerintah akan membangun Lumbung Ikan Nasional (LIN) di Ambon pada akhir tahun 2021 ini, sebagai  upaya untuk mengoptimalkan potensi maritim Indonesia. Dalam pembangunan ini pemerintah akan  bekerja sama dengan sejumlah negara.

“Kami melihat ini akan bisa dimulai akhir tahun (2021) ini. Kalau itu berjalan maka keseimbangan ekonomi antara Indonesia Timur dan Indonesia Barat akan lebih baik lagi ke depan,” ucap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara ISEI Webinar Serial Kebijakan Publik pada Jumat (7/5/2021).

Pembangunan LIN ini merupakan salah satu bagian dari konsep ekonomi biru yang dijalankan pemerintah untuk mengoptimalkan  pengelolaan potensi  sektor ekonomi yang berbasis kemaritiman. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 75% wilayah terdiri dari lautan.

Baca Juga  DPRD Berharap Pemprov Terbuka Terkait Penyerapan Anggaran

“Laut punya peranan  yang sangat besar. Hal hal tersebut menjadikan pengelolaan potensi  sektor ekonomi yang berbasis kemaritiman menjadi sangat besar,” tutur Luhut.

Luhut mengatakan pengembangan ekonomi maritim diarahkan untuk mentransformasikan keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif agar dapat memperkuat struktur ekonomi sekaligus menjadi pertumbuhan ekonomi baru dalam mencapai tujuan pembangunan nasional.

Menurutnya  konsep maritim mampu membingkai strategi tersebut sebagai suatu keterkaitan ekonomi.

“Dengan demikian pengembangan ekonomi maritim diharapkan bukan hanya mampu meningkatkan pertumbuhan melainkan bisa lebih inklusif mengurangi ketimpangan antara wilayah,” kata Luhut.

Strategi pembangunan kemaritiman ke depan hendaknya tidak hanya pada pertumbuhan satu sektor tetapi membangun dari semua lini sektor secara bersama-sama.

Baca Juga  SBY Blak-blakan Kritik Jokowi: Kekuasaan Itu Bukan untuk Menakut-nakuti Rakyat!

Pemerintah juga melakukan  penyederhanaan regulasi, dan perizinan, penguatan ekspor hingga memberikan stimulus.

“Saya yakin upaya pemerintah untuk menjadikan negara ini mampu mengelola ekonomi kemaritiman dapat tercapai,” ucap Luhut.

Indonesia memiliki memiliki ekosistem terumbu karang sebesar 2,5 juta hektar. Hutan mangrove sebesar 3,31  juta hektar.  Pemerintah akan melakukan restorasi masif sebanyak 620 ribu hektar hutan mangrove selama empat tahun ke depan. Untuk tahun ini pemerintah sudah memulai pembangunan 150 ribu hektar hutan mangrove

“Ini merupakan satu hal yang sangat dipuji banyak negara bahwa kita sangat peduli sekarang dengan climate change,” kata Luhut.

Pemerintah juga menargetkan  untuk mencapai zero net emission pada tahun 2060. Namun hal ini tidak bisa dicapai apabila masih tergantung dengan energi fosil.  

Baca Juga  Padu Padan Outfit dengan Rok Tiga Perempat untuk Hijabers

“Oleh karena itu upaya keras transisi dari energi fosil ke energi baru terbarukan menjadi prioritas,” ucap Luhut.

(red/investor)

No More Posts Available.

No more pages to load.