Bangun Peradilan Bersih, Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Maluku Sosialisasi dari Desa ke Desa

oleh -66 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Peradilan yang bersih dan akuntabel merupakan harapan semua orang. Dan untuk menciptakan peradilan yang bersih, anak muda dalam hal ini mahasiswa dan masyarakat punya peran penting dalam meningkatkan efektifitas pengawasan perilaku hakim.

Dalam kerangka itu, Komisi Yudisial Penghubung Wilayah Maluku bersama jejaring pemantau peradilan Kawan Komisi Yudisial Maluku (KKYM), melakukan kegiatan sosialisasi terkait perwujudan peradilan bersih di Maluku dengan tema “Membangun Peradilan Bersih Dari Desa Ke Desa”.

Kegiatan tersebut telah berlangsung dari 4, November 2021 kemarin di Desa Latta, kemudian dilanjutkan di Desa Latuhalat juga Dusun Airlow.

Kegiatan sosialisasi akan diteruskan secara berkala sampai 17 November 2021 di desa-desa lainnya dengan melibatkan mahasiswa KKN Universitas Pattimura sebagai panjangan tangan ke masyarakat untuk membagikan buku saku, dan flayer terkait tata cara melakukan pengaduan ke Komisi Yudisial.

Cantika Muhrim selaku koordinator dalam kegiatan ini mengatakan “pengetahuan masyarakat tentang keberadaan lembaga negara seperti Komisi Yudisial ini masih sangat minim.

Baca Juga  LPM IAIN Kendari dan LPM IAIN Ambon Jalin Kerjasama Terkait Peningkatan Tata Kelola Mutu

“Kegiatan edukasi ini merupakan salah satu langkah kecil dari kami sebagai jejaring pemantau peradilan yakni kawan komisi yudisial Maluku bersama Komisi yudisial penghubung Maluku untuk mewujudkan peradilan bersih,” ujarnya.

Diharapkan, setelah kegiatan ini, masyarakat lebih dapat berperan aktif untuk melaporkan setiap adanya proses peradilan yang tidak sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Karena tugas mengawasi jalannya peradilan yang bersih merupakan tugas kita bersama. Bukan hanya organisasi jejaring atau mahasiswa saja namun setiap elemen masyarakat harus berperan aktif di dalamnya,” pungkasnya. (nur)