Belain Apresiasi Kinerja Pemerintah Dalam Penanganan Corona

oleh -162 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Pandemi virus corona kekinian telah menjadi momok sejak World Health Organization (WHO) menetapkan situasi darurat global.

Sejauh ini, sebanyak 134.804 kasus telah terkonfirmasi positif terjangkit corona virus di seluruh dunia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari worldometers, sebanyak 70.394 kasus di antaranya dinyatakan pulih atau telah negatif virus corona.

Sementara itu, per Jumat (13/2/2020) pukul 13.10 WIB, corona virus telah menewaskan 4.984 orang.

Direktur Lembaga Bela Indonesia (Belain), Abdussalam Hehanussa menyatakan dukungan pada pemerintah terhadap hal tersebut. Khususnya, langkah-langkah mengatasinya, termasuk membentuk Satgas yang diketuai Kapala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNP) Doni Monardo.

“Belain dengan tegas memberikan dukungan sepenuhnya pada langkah-langkah yang diambil oleh pak Presiden Jokowi dalam mengatasi musibah corona,” kata Hehanussa di Balroom Hotel Aston Kartika, Grogol, Tomang, Jakarta Barat, Sabtu (14/3/2020).

Baca Juga  7 Tips Terlihat Sopan Pakai Celana Jeans untuk Hijabers

Hehanussa menyebut, langkah yang diambil pemerintah sudah sangat tepat. 

Belain mengapresiasi pemerintah daerah (pemda) yang telah melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan penyebaran virus corona (covid-19).

Hehanussa menyebut sejumlah pemda yang mampu mengedukasi dan memberikan penjelasan dengan baik, di antaranya Pemprov DKI Jakarta yang saat ini berada di bawah kepemimpinan Anies Baswedan, Pemprov Jabar di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil, Pemprov Jateng di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo, hingga Pemprov Jatim di bawah kepemimpinan Khofifah Indar Parawansa.

“Kami ingin memberikan juga apresiasi terhadap daerah daerah yang mampu mengedukasi masyarakat, memberikan penjelasan yang baik, seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,” kata Hehanussa.

Selain itu, Belain juga menghargai kerja sama kementerian dan lembaga dalam menangani penyebaran virus yang bersumber dari Wuhan, China itu.

Baca Juga  Konser Musik di Jerman Jadi Bahan Eksperimen Risiko Penularan COVID-19

Menurut Hehanussa, diperlukan langkah-langkah cepat, tepat, fokus, terpadu, dan sinergis antara kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Belain menekankan pentingnya membuat masyarakat tetap tenang di tengah wabah corona.

Masyarakat diminta terus menjaga kesehatannya, juga tidak ikut menyebarkan informasi yang belum dikonfirmasi kebenarannya soal Corona.

“Saya mengajak seluruh masyarakat, untuk meningkatkan intensitas cuci tangan, lebih sering mencuci tangan, meski pun tidak kotor, tapi sesering mungkin cuci tangan. Itu pencegahan yang paling baik. Dan bila sedang batuk, bila sedang flu, maka gunakan masker, supaya tidak menular kepada yang lain,” ujar Hehanussa.