BMKG: Maluku-Malut Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

oleh -36 views
Ilustrasi hujan lebat.

Porostimur.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian provinsi di Indonesia berpotensi diguyur hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang pada hari ini, Sabtu (30/12/2023).

Wilayah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin kencang, termasuk di Maluku dan Maluku Utara.

Kemudian Aceh, Bali, Bangka Belitung, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Lampung.

Berikutnya Nusa Tenggara Timur, Papua, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

 Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan.

Baca Juga  Banjir Rob Akibat Fase Bulan Purnama Hingga 31 Juli di Kepulauan Sula, Taliabu dan Batang Dua

 “Kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan,” kata Guswanto.

Dia menyampaikan khusus untuk daerah bertopografi curam, bergunung, tebing atau rawan longsor dan banjir, masyarakat setempat diminta untuk tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang, dan berkurangnya jarak pandang. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.