BMKG: Waspada Potensi Hujan Sedang hingga Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com – Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam update terbaru prakiraan cuaca, Jumat (26/11/21) menyebutkan Bibit Siklon 91S saat ini terpantau berada di Samudra Hindia, Barat daya Sumatera, yang membentuk daerah angin kencang dengan kecepatan diatas 25 knot yang menyebabkan terjadinya peningkatan tinggi gelombang laut di sepanjang Samudra Hindia, Barat daya Sumatera.

Selain itu, terdapat sirkulasi Siklonik atau pusaran angin di Laut Natuna, Samudra Hindia Selatan Banten, dan diperairan Utara Maluku yang menyebabkan daerah pertemuan angin dan perlambatan kecepatan angin atau konfergensi di wilayah Natuna, Samudra Hindia Selatan Jawa Barat, Laut Sulawesi dan Maluku Utara.

Selain itu, daerah konfergensi juga terpantau berada di sepanjang Aceh hingga Sumatera Utara, di Laut Jawa memanjang hingga Kalimantan Selatan, di Kalimantan Barat memanjang hingga Kalimantan Timur.

Baca Juga  5 Bulan Pemprov Malut Belum Bayar Guru Honorer

Kemudian di perairan laut Jawa memanjang hingga Sulawesi Selatan, di Sulawesi Barat memanjang hingga Sulawesi Tengah, di Kepulauan Maluku bagian Tenggara dan di Papua bagian Tengah. Wilayah-wilayah tersebut berpotensi terjadi peningkatan pertumbuhan awan hujan.

Selain itu, BMKG juga mengimbau untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang yang diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia yaitu di Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung.

Kemudian Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Kemudian di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bali, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga  Gaya Hidup Sehat Bisa Anda Mulai Sekarang

Sementara itu, potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang berdurasi singkat diprakirakan terjadi di Riau, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.