Buka Sosialisasi UBKD, Kakanwil Kemenag Malut: Ujian Madrasah Merupakan Capaian Stándar Kompetensi Peserta Didik

oleh -30 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, H. Sarbin Sehe memberikan sambutanya dalam kegiatan Bimtek/Sosialisasi Ujian Bebasis Komputer During (UBKD) di aula MDC Ternate pada hari Senin (15/2/2021).

Pada kesempatan ini Kakanwil menyampaikan, Ujian Madrasah (UM) merupakan pengukur capian kompetensi Peserta Didik sesuai dengan Stándar Komptenesi Lulusan yang dilaksanakan pada akhir jenjang pendidikan. Dalam rangka menjamin kualitas dan pencapian stándar kompetensi lulusan, perlu diselenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan dalam bentuk Ujian Madrasah.

Untuk menjamin standarisasi, efektifitas, dan kelancaran Ujian Madrasah, perlu disusun Prosedur Operasional Standar (POS), Direktur Jenderal Pendidikan Islam telah mengeluarkan POS dengan nomor 752 TAHUN 2021 tertanggal 8 Februari 2021 sebagai stándar pelaksanaan Ujian Madrasah.

Baca Juga  Cegah Covid 19, Polres MTB Terus Sosialisasikan Maklumat Kapolri

Kakanwil Menambahkan, disetiap pelaksanaan Ujian perlu adanya penyusunan soal, agar soal memiliki kualitas yang baik, diperlukan sebuah standar dalam penyusunanya, olehkarnya Dirgen Pendis telah menerbitan Surat Keputusan (SK) dengan nomor 781 pada tanggal 8 Februari 2021 tentang petujuk teknis penyusunan soal Higer Order Thinking Skiolls (HOST) di madrasah, surat keputusan ini menjadi rujukan penyusunan soal Ujian Madrasah pada tahun pelajaran 2020/2021.

Selain SK diatas terdapat surat edaran dengan nomor B-298/DJ.I/PP.00/02/2021 pada tanggal 9 Februari 2021 menindaklanjuti edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1 tahun 2021 tentang peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta Pelaksanaan Ujian dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Menurut Sarbin, masa pandemi merupakan masa sulit buat kita semua, namun demikian kita tidak boleh berhenti, kita harus terus kuat menghadapinya, tentu saja semua itu kita lakukan dengan prosedur kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca Juga  Usai Tahan Alfred Hongarta, KPK Dalami Dugaan Aliran Dana ke Sejumlah Elite PKB

Kakanwil juga menambahkan, merujuk pada ketentuan diatas maka terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah ditiadakan Ujian Nasional pada jenjang MTs dan MA pada tahun 2020/2021, ditiadakan UAMBN jenjang MTs dan MA pada tahun pelajaran 2020/2021 dan point-point lainya yang intinya merupakan upaya pemerintah untuk menjaga kita dari bahaya Covid-19.

(red/inmas)