Bukan Cuma Bicara, Kamu Juga Harus Mendengarkan Pasangan

oleh -8 views

Porostimur.com, Ambon – Siapa di sini yang suka (nggak sengaja) tak mendengarkan pasangan saat dia sedang bercerita? Well, mungkin kamu nggak sendirian ya, Bela.

Di antara banyaknya gangguan digital dan kebutuhan tanpa henti untuk melakukan banyak tugas, benar-benar mendengarkan tanpa gangguan bisa sangat sulit dilakukan.

Mendengarkan secara aktif tidak sama dengan mendengar, tetapi tak tahu apa yang dibicarakan si pembicara. Hal ini melibatkan pikiran dan emosi.

Menurut seorang psikolog klinis berlisensi, Greg Kushnick, PsyD, kamu nggak hanya melakukan upaya yang disengaja untuk mendengarkan, tetapi juga menanggapi dengan cara yang membuat orang lain merasa didengarkan dan dipahami.

“Inti dari mendengarkan secara aktif adalah menunjukkan rasa hormat, yang merupakan unsur penting dari persahabatan dan hubungan yang sehat,” katanya.

Baca Juga  Penjabat Gubernur Maluku: Korupsi Jadi Benalu Sosial

Mengapa ini sangat penting untuk hubungan?

Bukan Cuma Bicara, Kamu Juga Harus Mendengarkan Pasangan dengan Baik

Ketika kamu nggak bisa mendengarkan secara aktif saat pasangan berbicara, akan ada sejumlah konsekuensi yang muncul dan menyebabkan memburuknya hubungan.

“Sangat penting untuk berlatih mendengarkan secara aktif dalam hubungan karena jika tidak, kita dapat jatuh ke dalam pola komunikasi destruktif yang sama, yang membuat kita menginterupsi, menyerang satu sama lain, membela, mengkritik, atau berdebat,” kata Paulette Sherman, PsyD, seorang psikolog dan pakar hubungan.

No More Posts Available.

No more pages to load.