Cegah Korupsi, KPK Gelar Rakor Dengan Pemda Kepulauan Sula

oleh -18 views

Porostimur.com, Sanana – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui Satuan Tugas Direktorat Koordinasi Supervisi Wilayah V, menggelar rapat koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula, Provinsi Maluku Utara, Selasa, (22/08/2023) di istana daerah, Sanana.

Kepala Satuan Tugas Direktorat Koordinasi Supervisi Wilayah V KPK Dian Partia mengatakan, rapat koordinasi ini dimaksudkan untuk mempercepat program pencegahan korupsi di kabupaten tersebut.

“Dalam tahap awal ini, kami masih fokus pada pencegahan. Setelah itu baru kami melakukan penindakan,” ujarnya.

Dian menjelaskan, meski APBD Kabupaten Kepulauan Sula tidak mencapai Rp1 triliun, namun terdapat sekitar 40 organisasi perangkat daerah (OPD), sehingga meskipun anggarannya terbatas, namun diperkukan langkah-langkah pencegahan dari tindakan yang mengarah pada tindak pidana korupsi.

Baca Juga  Iduladha 2024, Pemprov Maluku Sumbang 155 Hewan Kurban

“Nilai APBD di Indonesia Timur, terutama di Kabupaten Kepulauan Sula cenderung kecil. Meskipun APBD hanya sekitar 800 juta rupiah dan pendapatan dari pajak daerah hanya satu persen, tetapi beban belanja pegawai cukup besar. Dengan 40 OPD, tantangan juga semakin besar,” ungkapnya.

Dian menggungkapkan, adanya bahaya ketidaksesuaian antara anggaran yang terbatas dengan proyek-proyek yang dilaksanakan, berpotensi melahirkan konspirasi antara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan pihak eksekutif dalam penggunaan anggaran yang bisa berujung pada proyek-proyek bermasalah.

No More Posts Available.

No more pages to load.