Coklat Asal Kepulauan Sula Diekspor Keluar Glasgow UK

oleh -42 views
Link Banner

Porostimur.com, Ternate – Rempah-rempah di Maluku Utara secara umum, sudah terkenal semenjak dahulu kala. Komoditi rempah-rempah yang dikeluarkan dari Maluku Utara pun, selama ini masih berbentuk bahan mentah. Hal ini mengakibatkan nilai jual komoditi rempah menjadi tidak optimal.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) yang menjalankan fungsinya sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance, tak henti-hentinya berupaya menggerakkan perekonomian, dengan pemberian asistensi yang berkesinambungan terhadap pelaku ataupun badan usaha.

Ini terbukti dengan kegiatan ekspor yang selama ini terus digencar Bea Cukai Ternate, salah satunya yakni dengan asistensi terhadap PT Inti Bumi Enterprises, yang memiliki keinginan teguh untuk mengolah komoditi rempah (kakao) asal Kepulauan Sula, menjadi chocolate bars.

Produk yang banyak digemari ini, akhirnya bisa melakukan ekspor perdana ke Glasgow, United Kingdom.

Ekspor perdana PT Inti Bumi Enterprises ini sebanyak 2 koli, dengan berat 22,4 kg.

Ekspor perdana ini juga dilepas oleh Kepala Kantor Bea Cukai Ternate, Shinta Dewi Arini secara simbolis, di Bandara Baabullah Ternate Jumat, (18/11/2022).

“Bea Cukai Ternate tak bergerak sendirian, dalam proses terselenggaranya ekspor perdana oleh PT Inti Bumi Enterprises ini. Ini merupakan kerjasama dengan sejumlah pihak, sehingga komoditi yang bisa tembus pasar internasional ini bisa sukses,” kata Shinta.

Ia bilang, ekspor PT Inti Bumi Enterprises merupakan UMKM. Sehingga diharapkan, mampu menaikkan posisi tawar UMKM Provinsi Maluku utara di pasar internasional.

“Semangat ini juga diharapkan mampu berdampak positif, dan masif kepada para pelaku UMKM lainnya, yang mampu mengelola rempah-rempah menjadi produk akhir, dengan kualitas dan bernilai ekonomi tinggi,” harap Shinta.

Pelaksanaan ekspor perdana ini juga dihadiri oleh Badan Karantina Pertanian Ternate, Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara, Ketua Apindo Malut, dan GM Garuda Cabang Ternate. (Amir)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.