Dandim 1504/Ambon Terjun Langsung Ke Lokasi Longsor Hatiwe Besar

oleh -96 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dandim 1504/Ambon, Kolonel Inf D. C. Soumokil, terjun langsung ke lokasi longsoran di Desa Hatiwe Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Ahad (11/7/2021) pukul 21.30 WIT.

Dandim mengatakan, setelah menerima laporan dari Danramil 1504-01/Baguala langsung terjun ke lokasi bencana alam longsor sejak Ahad (11/07/2021) malam sampai dengan Senin (12/07/2021) pukul 03.00 WIT, dan telah mengerahkan personelnya dari Koramil 01/Baguala, untuk membantu proses mengangkat dan membersihkan material longsoran yang menutupi badan jalan raya tepatnya di talud Ambon City Of Music, Desa Hatiwe Besar.

“Proses pembersih material longsor terkendala karena situasi malam hari tang gelap, material longsoran terdiri dari tanah disertai material bebatuan besar yang menutup hampir seluruh badan jalan,” ujarnya.

Baca Juga  Odriozola, Peraih Empat Trofi Meski Hanya Tampil 10 Kali

Selain personel Koramil, proses pembersihan melibatkan personel dari Denzipur 5/CMG 15 orang, Polresta 10 orang, dan warga yang terdampak.

Pembersihan juga menggunakan alat berat yakni dari Balai Jalan Provinsi Maluku sebanyak 1 unit dan dari Denzipur 1 unit, kemudian 4 unit dump truck milik Balai Jalan, 2 unit Damkar.

Kegiatan pembersihan dilaksanakan mulai pukul 21.30 WIT sampai dengan pukul 03.00 WIT.

Walaupun material longsoran belum berhasil dibersihkan semua, namun kendaraan dari dan ke arah Bandara, sudah bisa melintasi jalan ini,” ujar Dandim.

“Namun memang harus ekstra hati-hati sebab jalanan khususnya di Desa Hatiwe Besar terdapat tebing – tebing yang cukup terjal dan masih sangat rawan untuk longsor,” ujarnya.

Baca Juga  Dandim Ambon Imbau Masyarakat Ikut Serbuan Vaksinasi Akhir Pekan Nanti

Dandim mengatakan, berada di lokasi memastikan sampai kondisi aman.

“Dandim juga mengajak warga untuk mewaspadai bencana alam yang potensial terjadi di wilayah kota Ambon dan Kab. Maluku Tengah khususnya di wilayah Jazirah Leihitu, serta tetap waspada saat intensitas hujan tinggi,” ujarnya.

“Proses pembersihan dengan alat berat yang dikerahkan melakukan pembersihan lokasi longsoran pun masih dilakukan sampai arus lalu lintas dari Kota Ambon ke bandara benar-benar aman, lancar dan normal dilalui kendaraan,” tambahnya. (keket)