Deteran Singkatan Nama Program Pemerintah yang Aneh, dari Sipepek hingga Siska Ku Intip

oleh -37 views

Porostimur.com, Purwokerto – Singkatan nama program pemerintah menjadi sorotan masyarakat baru-baru ini. Pasalnya, singkatan yang dipergunakan terkesan aneh dan bermakna ambigu.

Sejumlah singkatan nama-nama program pemerintah dalam beberapa waktu terakhir viral di media sosial. Hal ini pun menjadi sorotan warganet karena nyeleneh dan menjurus pada pornografi atau seksualitas.

Beberapa singkatan nama program yang dibuat sejumlah instansi pemerintah, salah satunya “SiPepek” yang merupakan akronim Sistem Informasi Administrasi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial, yakni platform yang digunakan Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam pelayanan program penanggulangan kemiskinan dan jaminan kesehatan untuk melengkapi kebutuhan warga kurang mampu.

Dalam bahasa Jawa termasuk Cirebon, kata pepek berarti lengkap, namun di daerah lain termasuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata pepek berarti kemaluan perempuan.

Baca Juga  Ini Faktor yang Bikin Maluku Terus Miskin Menurut Prof. Alex Retraubun

Selain SiPepek milik Pemkab Cirebon, singkatan nama-nama program pemerintah lainnya yang viral di media sosial, antara lain “Simontok” yang merupakan kependekan dari sistem monitoring stok dan kebutuhan pangan pokok di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Surakarta atau Solo.

Selanjutnya, “Siska Ku Intip” atau sistem integrasi kelapa sawit-sapi berbasis kemitraan usaha ternak intiplasma yang dikelola Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan.