Diprotes Polisi Papua, Kapolri Tambah Kuota Calon Perwira OAP

oleh -187 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Polisi Papua sempat melakukan aksi protes di Polda Papua terkait hasil seleksi penerima calon perwira.

Mereka protes karena kecewa dengan hasil seleksi penerimaan calon perwira yang akan mengikuti pendidikan di Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan 50 tahun anggaran 2021.

Kuota calon perwira untuk Polda Papua sebanyak 150 orang. Namun, polisi orang asli Papua (OAP) yang lolos seleksi hanya 41 orang.

Dalam seleksi tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, memberikan perhatian lebih kepada dua Polda yakni Polda Papua dan Papua Barat dengan memberikan kuota tambahan kepada calon peserta didik.

Sebelumnya Polda Papua mendapatkan kuota reguler sebanyak 41 orang ditambah kuota tambahan sebanyak 205 orang sehingga menjadi 246 orang.

Baca Juga  Senin, Menko Marves Dijadwalkan Tinjau Pengembangan SKPT di Maluku Utara

Sedangkan Polda Papua Barat mendapatkan kuota reguler sebanyak 47 orang dan mendapat kuota tambahan sebanyak 103 orang sehingga menjadi 150 orang.

Penambahan kuota tersebut berkat hasil koordinasi dan kerja keras Polda Papua dan Papua Barat bersama Gubernur dan pimpinan Polri di Mabes Polri untuk memperhatikan para bintara polri yang berada di Papua dan Papua Barat terlebih Orang Asli Papua (OAP).

“Kami memberikan apresiasi kepada Pemda setempat karena telah memberi dukungan kepada para bintara Polri yag mengabdikan diri di Papua dan papua Barat terlebih Orang Asli Papua (OAP) sehingga dapat mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP),” ucap Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, seperti dilansir humas.polri.go.id, Rabu (17/3/2021).

Baca Juga  Ketua Komnas HAM Sambangi Gubernur Maluku di Ambon

Dengan penambahan kuota ini diharapkan para peserta didik dapat mengikuti pendidikan dengan sebaik-baiknya sehingga dapat melahirkan para perwira yang Presisi yang mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di wilayahnya masing-masing.

“Selamat kepada para Bintara yang telah dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Sukabumi, belajarlah dengan baik sehingga dapat menjadi perwira yang handal dan dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya. (red)