DPRD Maluku Tegaskan Siap Tuntaskan 3 Agenda Utama

oleh -176 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Seharian ini, Rabu (6/5/2020), DPRD Maluku berhasil menuntaskan tiga agenda besarnya, yakni membentuk tim penanganan dan pemberantasan Covid-19 dari kalangan internalnya, begitupun koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku tentang langkah dan kebijakan yang sudah ditempuh melalui Gugus Tugas (Gustu) penanganan dan pemutusan penyebaran covid-19, serta menyelenggarakan Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) kepada salah satu Wakil Ketua DPRD Maluku asal Partai Golkar dari Richard Rahakbauw, SH kepada Efendi Latuconsina.

Hal ini ditegaskan Ketua DPRD Maluku, Drs Lucky Wattimury, M.Si, kepada wartawan, usai menghadiri rapat pembahasan agenda DPRD Maluku bersama Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Maluku tentang jadwal Paripurna Pergantian Antar Waktu (PAW) atas Rahakbauw.

”Tiga agenda Badan Musyawarah DPRD Maluku telah dibicarakan yakni kemungkinan masing-masing anggota dewan sesuai daerah pemilihannya untuk melihat seluruh persoalan-persoalan masyarakat, yaitu dalam melaksanakan tugas partai maupun sepakat membentuk satu tim namamya tim Covid-19 (Corana) DPRD Provinsi Maluku. Tugas dari tim adalah melihat, mengevaluasi, mengawasi dan memberi pikiran kepada Pemerintah Provinsi Maluku, juga kepada Gugus Tugas (Gustu) dalam rangka melaksanakan proses-proses penghentian dan pemutusan jaringan penyebaran virus corona. Apalagi Walikota Ambon telah mengusulkan untuk memberlakukan PSBB, maka dewan pun harus siaga untuk melakukan pengawasan dan berbagai hal lain guna mendukung pemerintah untuk menyelesaikan penyebaran virus corona ini.” ujarnya.

Baca Juga  Patut Dicurigai Jika Pasanganmu Punya Aplikasi ini, WhatsApp Kamu Bisa Dibajak!

Menurutnya, agenda-agenda ini diharapkan sangat sesegera mungkin ditindaklanjuti oleh Pimpinan Sidang, supaya ada langkah-langkah lanjut DPRD Maluku dalam rangka mengawasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan penanganan virus corona oleh pemerintah Maluku, dalam hal ini Gustu yang sudah dibentuk itu akan segera ditindaklanjuti.

”Tim ini juga mencari ruang untuk bukan hanya memproses di Kota Ambon tetapi juga daerah-daerah yang memungkinkan tim untuk datang kesana melihat, misalnya Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat. Tentunya, sampai disana merekomendasi dari Gugus Tugas, karena kami mendapat banyak dari kritikan bukan hanya di Kota Ambon saja, tapi juga di kabupaten/kota yang lain. Maka dari itu, DPRD Maluku akan melakukan hal-hal yang terpenuhi untuk menjembatani apa yang menjadi tanggungjawab kami. Hal-hal yang prinsip tadi kita sepakati dalam rapat. Agenda ketiga hari ini, kita sudah bisa menyelesaikan satu agenda besar yaitu menetapkan Pergantian Antar Waktu dari Partai Golkar yaitu dari Ricard Rahakbauw kepada Evendy Latuconsina, itu sudah ditetapkan. Dan Ricard Rahakbauw, SH sendiri dalam kejujurannya dan kebersamaannya, dia meminta agar proses ini harus jalan, supaya tidak lagi ada hambatan dengan Golkar dan juga DPRD Maluku,” tegasnya.

Baca Juga  Kakanwil Kemenag Malut Buka Perkemahan Pramuka Madrasah Se Kota Tidore Kepulauan Ke-III Tahun 2020

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Maluku, Azis Sangkala, menegaskan jadwal PAW atas Rahakbauw diupayakan dapat diselenggarakan sebelum DPRD Maluku memasuki masa istirahat (reses). Dimana, hari yang disepakati yakni hari Jumat (8/5) lusa.

Ricard Rahakbauw dengan luar biasa menyampaikan dalam rapat dengan Bamus, bahwa beliau legowo dan siap dilakukan pergantian antar waktu.

Beliau menaruh respek atas keputusan DPP Partai Golkar bersama Ketua Fraksi Golkar DPRD Maluku, serta mereka berdua juga sudah saling berpelukan. Diapresiasinya sikap Rahakbauw yang kerap disapa RR ini.

”Dewan tidak pernah ada niat untuk menunda, memperlambat proses ini dan kami menyerahkan kepada Komisi I untuk memproses dan Komisi I sudah menyampaikan laporan DPRD 16 April. Selalu dikuatkan dengan hukum, dari Unpatti seperti Prof. Dr. Semy Nirahua, kemudian pimpinan sudah membahas beberapa kali dan bicarakan dengan RR. Dan Bamus juga sudah sepakati seluruh untuk mekanismenya termasuk dengan paripurna,” tegasnya.

Baca Juga  Hattrick ke Gawang Paderborn, Selebrasi Sancho Suarakan Keadilan untuk George Floyd

Ditambahkannya, dalam pengawasan atas berbagai kebijakan Gustu penanganan Covid-19 yang sudah dibentuk Pemprov Maluku, tim internal DPRD Maluku juga dilengkapi dengan anggarannya sendiri.

”Salah satu fungsi kita dewan adalah pengawasan, kemudian diefektifan dalam membentuk tim karena keputusan SKB 2 menteri, juga diamanatkan oleh dewan untuk melaksankan fungsi pengawasan terhadap realokasi anggaran itu. Ini semua dimasukkan dalam tugas pada tim ini. Sehingga, harapan ketika sudah terbentuk, tim mengawasi pelaksanaan penanganan covid-19 ini, dewan lebih fokus. Anggaran tim ini tetap dipakai anggaran DPRD,” singkatnya. (liehu)