DPW IMOI Maluku Gelar Pelantikan dan Dialog

oleh -43 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Ikatan Mahasiswa Olahraga Indoensia Dewan Pengurus Wilayah Maluku dilantik dan menggelar Dialog Olahraga di Aula PGSD Kampus Unpatti Ambon, Sabtu 28/08/21

Akademisi Universitas Pattimura Ambon, Dr. Siti Divinubun., M.Pd, dalam Dialog Olahraga yang di selenggarakan Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Mahasiswa Olahraga Indonesia (DPW IMORI Maluku) mengemukakan bahwa Sport Tourism adalah olahraga yang sangat cocok dengan teritorial Maluku yang 70% laut dan 30% daratan yang mumpuni untuk wisata tour.

Siti yang juga adalah Doktor Olahraga jebolan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mempertegas kembali bahwa, salah satu pariwisata yang menarik dan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan adalah pariwisata olahraga atau yang lebih dikenal dengan istilah sport tourism.

Baca Juga  Warganet Tuding Akun Jokowi Jiplak Gambar Media Turki, Istana Bilang Begini

Buat yang belum tahu, sport tourism adalah wisata yang dipadukan dengan aktivitas olahraga. Tujuannya adalah untuk tujuan wisata melalui berbagai jenis kegiatan olahraga.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Indonesia merupakan salah satu ikon sport tourism dunia dengan kekayaan alam dan budaya yang dimiliki. Selain itu, tren mengenai sport tourism terus meningkat dan diminati masyarakat.

“Karena itu, sport tourism di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Indonesia sudah memiliki banyak destinasi sport tourism, bahkan ada yang sejak tahun 90-an, lantas Maluku yang potensial ini sama sekali tidak memilih wisata sport tourism”, tutur Divinubun.

“Pariwisata adalah salah satu industri yang dapat menopang pergerakan ekonomi Indonesia. Di dunia pariwisata Indonesia sudah cukup banyak dikenal. Meski demikian, perkembangan terus dilakukan guna meningkatkan kualitas dan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Salah satu pariwisata yang menarik dan memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan adalah pariwisata olahraga atau yang lebih dikenal dengan istilah sport tourism”, sambungnya.

Baca Juga  Uang, Politik dan Politik Uang

Siti menambahkan bahwa Maluku yang sampai saat ini masih menyandang status termiskin keempat di Indonesia harusnya melihat banyak potensi yang ada.

“Salah satunya adalah lewat pembangunan olahraga dari sisi kebijakan dan fasilitas, serta sisi lainnya,” tukasnya.

Siti menutup pembicaraan dengan pesan kepada DPW IMORI Maluku untuk tetap progres dan selalu mempressure segala potensi terkait olahraga di Maluku, serta harus bersinergi dengan civitas olahraga di Maluku. (nur)