Dukung Inspektorat Kepsul, Ibu-ibu di Desa Capalulu Nyanyikan Lagu “Maju Tak Gentar”

oleh -144 views
Link Banner

Porostimur.com| Sanana: Puluhan ibu-ibu memberikan dukungan kepada Petugas Inspektorat saat melakukan Uji Petik Lapangan, Program Pengelolaan Dana Desa (DD) di Desa Capalulu, Kecamatan Mangole Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Propinsi Maluku Utara (Malut). Sabtu (14/12/2019).

Dukungan itu dilakukan oleh puluhan ibu ibu dengan menyanyikan lagu Maju Tak Gentar.

Lagu ini dinyayikan saat Tim Auditor, kades dan ratusan masyarkat Desa Capalulu memeriksa item Program Peternakan Ayam di samping rumah kades.

Ternyata yang ditemukan oleh Auditor dan masyarakat dalam kandang ayam adalah tumpukan besi dan ban gerobak. Sontak ibu-ibu itu mengejek kades dengan cara berkokok seperti ayam.

Tak sampai di situ saja.Ketika Auditor melakukan pengecekan terhadap program pertanian dengan cara mendatangi kebun percontohan, ibu-ibu ini kemudian mengatakan, saat diperiksa baru bilang kebun desa padahal awalnya bilang kebun pribadi.

Baca Juga  29 SPBU BBM Satu Harga Beroperasi di Wilayah Maluku dan Papua

Ibu-ibu yang jumlahnya puluhan ini melontarkan banyak kata protes kepada Kades M. Ali Umasangadji.

Ketika petugas melakukan pengukuran kebun, tiba tiba seorang pria paruh baya melakukan protes kepada kades M.Ali.

Pria tersebut mengklaim tanah yang dibangun dengan kebun itu adalah tanah miliknya.

Pria yang mengakui masih kerabat kades ini menuturkan tanah itu miliknya dia dan Kades M. Ali melakukan penukaran tanah tapi bukan tanah yang saat ini dibangun mengatas namakan kebun desa itu.

Pria yang belakangan di ketahui bernama Muin Umasangadji ini saat ditanya perihal pembayaran tanah tersebut mengatakan tidak pernah tahu tanah itu dibayarkan kepada siapa.

Muin juga menambahkan sampai pada terjadinya permasalahan ini baru dirinya tahu bahwa ada kebun di atas tanahnya. (ifo)