Hadapi Tahun 2020, Lokki Gelar MusrenbangDes

oleh -50 views
Link Banner

@Porostimur.com | Huamual : Untuk mencanangkan program-program tahun 2020 nanti, Desa Lokki menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MusrenbangDes), di Kantor Desa Lokki, Kecamatan Huamual pada Selasa (26/11).

MusrenbangDes Lokki ini mengikutsertakan 5 dusun yang berada dalam petuanan Desa Lokki, yakni Dusun Katapang, Dusun Olas, Dusun Ani, Dusun Tanahgoyang, Dusun Siaputih  dan Dusun Laala.

MusrenbangDes Lokki ini turut dihadiri Camat Huamual, Drs. Yusuf Hatala, Pejabat Desa Lokki, Dmerty Riry, para Staf, Para Kepala Dusun (Kadus) dan staf se-Petuanan Desa Lokki, Ketua RT, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta tamu undangan yang berjumlah kurang lebih 80 orang.

”Terlebihnya MusrembangDes adalah Musyawarah Perancanaan Pembangunan Desa dan merupakan agenda tahunan yang perlu dimusyawarahkan, untuk mengusulkan program-program yang dipririotaskan. Olehnya itu, setiap perwakilan dari dusun-dusun petuanan Desa Lokki telah hadir untuk mengusulkan apa saja  program-program unggul yang dipririotaskan oleh dusun masing-masing,” ujarnya.

Dijelaskannya, selanjutnya musyawarah tingkat desa (MusrenbangDes) akan berjenjang ke tingkat kecamatan dan dikawal dari perwakilan desa, serta dilanjutkan ke tingkat kabupaten dan dikawal oleh perwakilan kecamatan.

Baca Juga  Rocky Gerung: Dahulukan Soal Kemanusiaan di Papua, di Ambon, Bukan Dahulukan Pelantikanmu

”Dan kedepan untuk Musrenbang tingkat kecamatan, kami akan undang badan legislatif dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD dari Dapil IV Huamual, dengan tujuan agar setiap usulan dari masyarakat bisa mendapat perhatian mereka selaku anggota DPRD sebagai penyambung lidah rakyat ke lembaga yang terhormat tersebut,” tegasnya.

Pantauan @porostimur.com ini selang MusrenbangDes digear, program unggulan yang diprioritaskan dari musrembang Desa Lokki untuk tahun 2020 berupa Pembangunan Drainase, Jalan Desa, Jembatan / Gorong-gorong, Jalan Tani dan Stanting pada Bidang Pembangunan.

Sedangkan untuk Bidang Pemberdayaan terbagi dalam tiga sub yaitu Pertenakan, Perikanan, Pertanaian.

Sementara Bidang Pembinaan juga terbagi dalam Pos Kamling dan PKK. (doddy)