Ini 4 Efek Samping Kelebihan Asam Folat bagi Ibu Hamil

oleh -56 views

Porostimur.com, Ambon – Asam folat dikenal juga sebagai vitamin B9 adalah nutrisi penting yang memiliki peran krusial dalam perkembangan sel dan pertumbuhan tubuh. Khususnya, asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat membantu mencegah kelainan pada tabung saraf pada janin yang sedang berkembang.

Namun, seperti halnya dengan banyak nutrisi lainnya, mengonsumsi asam folat dalam jumlah berlebihan juga bisa berpotensi menimbulkan efek samping yang merugikan. Dilansir dari laman Healthline dan Todaysparent, berikut ini adalah empat efek samping yang perlu diwaspadai akibat kelebihan asam folat bagi ibu hamil.

1. Gangguan Penyerapan Nutrisi

Kelebihan asam folat dapat mengganggu penyerapan nutrisi lainnya dalam tubuh, terutama vitamin B12 dan zat besi. Zat besi penting dalam pembentukan sel darah merah dan oksigenasi tubuh, sementara vitamin B12 memiliki peran penting dalam fungsi saraf dan pembentukan DNA. Gangguan penyerapan nutrisi ini dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Baca Juga  KPU Kota Tidore Sampaikan Progres Pembentukan Pantarlih di Kecamatan Oba

2. Gangguan Metabolisme

Mengonsumsi asam folat dalam jumlah yang sangat tinggi juga dapat mengganggu beberapa jalur metabolisme tubuh. Ini bisa mengakibatkan gangguan keseimbangan hormon, gangguan fungsi organ, dan bahkan efek negatif pada kesehatan ibu hamil dan janin.

No More Posts Available.

No more pages to load.