Innalillahi, Pemegang Kunci Ka’bah Ke-77 Wafat di Makkah

oleh -29 views
Dr Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, pemegang kunci Ka'bah meninggal dunia di Kota Makkah pada Jumat 21 Juni 2024 malam. (Twitter.com/@insharifain)

Porostimur.com, Makkah – Dr Saleh bin Zain Al-Abidin Al-Shaibi, pemegang kunci Ka’bah meninggal dunia di Kota Makkah pada Jumat (21/6/2024) malam. Salat jenazah diadakan setelah Subuh pada Sabtu (22/6/2024) di Masjidil Haram.

Al-Shaibi, yang meraih gelar doktor dalam studi Islam, adalah seorang profesor universitas dan penulis beberapa karya tentang keyakinan dan sejarah. Ia merupakan pemegang kunci Ka’bah ke-77 sejak penaklukan Kota Makkah.

Tanggung jawabnya antara lain membuka dan menutup Ka’bah, membersihkan, mencuci, memperbaiki Kiswah (penutup), dan menyambut pengunjung. Dia mengambil alih perwalian setelah kematian pamannya, Abdulqader Taha Al-Shaibi, pada tahun 2013.

Putranya, Abdulrahman Saleh Al-Shaibi, mengatakan bahwa mengucapkan selamat tinggal kepada ayahnya adalah salah satu momen tersulit dan paling menyedihkan dalam hidupnya. Ia menambahkan, pihak keluarga menerima kehendak Allah Swt.

Baca Juga  Pj. Gubernur Hadiri Pengukuhan Kepala OJK Provinsi Maluku

Ia melanjutkan, ayahnya baru-baru ini menderita sakit tetapi tetap sabar dan tabah. Seluruh masyarakat Arab Saudi turut berdukacita atas hilangnya pilar keluarga Al-Shaibi.

Al-Shaibi mengetuai Departemen Akidah di Universitas Umm Al-Qura selama lebih dari dua dekade. Ia dikenal karena pendekatan ilmiahnya dan kecintaannya pada pengetahuan. Almarhum mendalami isu-isu agama dan doktrin.

No More Posts Available.

No more pages to load.