Jaksa Tahan Dua Tersangka Kasus Air Mancur Haltim

oleh -48 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Halmahera Timur menyerahkan berkas tahap dua atau P-21 ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku Utara atas kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan air mancur di Kabuapten Haltim, pada Senin (15/3/2021).

Penyerahan berkas tahap dua ini disertai dua tersangka yakni ZA (36) selaku rekanan, dan FD sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK). Kasus tersebut melekat pada Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Haltim.

Kepala Kejari Haltim melalui Kasi Intel, S. Anwar menuturkan bahwa pihaknya telah menyerahkan tahap dua kasus air mancur Haltim dengan dua orang tersangka dan barang bukti (BB).

Proyek tersebut dikerjakan tahun anggaran 2011 silam. “Ada dua tersangka kita serahkan tahap dua dan langsung dilakukan penahanan sejak hari ini,” kata Anwar saat ditemui di halaman Kejati Malut tadi.

Link Banner

Menurut Anwar, kerugian negara dalam kasus tersebut berdasarkan perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Malut sebesar Rp. 550 juta sekian.

Baca Juga  Sebanyak 34 Personel Lantamal VIII Naik Pangkat

Kedua tersangka ini diancam pidana dalam pasal 2 junto 18 UU Nomor 31 tahun 1999 diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2021 tentang tindak pidana korupsi dalam pasal 3 junto pasal 9 dengan ancaman hukum minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun. (red/pena)