Jangan Sampai Tertinggal! Berikut Daftar Barang yang Perlu Ada di Tas Persiapan Persalinan

oleh -14 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Persalinan merupakan hal yang perlu dipersiapkan kebutuhannya, minimal satu bulan sebelum hari perkiraan lahir (HPL). Tentu saja hal ini bertujuan agar kamu tidak dibuat terburu-buru, Beauties. Selain itu, terkadang waktu bersalin itu sendiri bisa meleset dari HPL, lho.

Nah, barang yang harus disiapkan itu sendiri ada dua jenis. Satu ,tas yang berisi untuk kebutuhan calon mama, satu tas lagi berisikan keperluan si bayi yang akan dilahirkan.

Jadi penting untuk dicatat nih, apa saja kah barang penting yang harus dibawa ketika persalinan? Cek di bawah ini, yuk!

Persiapan persalinan
Persiapan persalinan/freepik.com

Isi Tas Mama:

Dokumen Penting

Nah barang ini jangan sampai ketinggalan ya, Beauties. Bawalah dokumen penting seperti KTP, kartu keluarga, kartu rumah sakit, kartu asuransi, buku pemeriksaan kehamilan dan lain sebagainya, agar urusan administrasimu lancar.

Baju Ganti

Siapkan baju ganti untuk kurang lebih 3 hari selama berada di tempat bersalin. Pilihlah baju dengan bahan yang nyaman dan terpenting memiliki bukaan depan atau busui friendly.

Pakaian Dalam

Menjaga kebersihan area vital sangatlah penting, terlebih setelah proses persalinan. Bawalah stok celana dalam yang cukup. Jangan lupa juga untuk membawa bra khusus menyusui dan breast pad.

Pembalut Bersalin

Setelah bersalin, kamu akan menjalani nifas. Oleh sebab itu pilihlah pembalut dengan daya serap tinggi, karena darah nifas jauh lebih banyak daripada darah haid. Bawalah persediaan yang cukup dan gantilah pembalut 1-2 jam.

Baca Juga  Pengiriman Ternak Dari Buru Sudah Sesuai Prosedur

Peralatan Mandi

Walaupun biasanya rumah sakit sudah menyiapkan peralatan mandi, namun sebaiknya bawalah peralatan mandi sendiri dari rumah, seperti handuk, sabun mandi dan sikat gigi.

Sarung atau kain

Atau bisa juga rok berukuran besar. Gunanya untuk memudahkan gerak kamu saat persiapan menjelang persalinan. Umumnya dipakai ketika air ketuban mulai pecah, sehingga bisa mempermudah proses persalinan.

Kamera atau Gadget

Kamera dan gadget untuk mengabadikan detik demi detik momen sebelum dan pascapersalinan untuk dijadikan kenang-kenangan.

Makeup

Bawalah secukupnya, supaya wajah kamu nggak terlalu pucat.

Isi tas melahirkanIsi tas melahirkan/ Foto: Thinkstock

Isi Tas Bayi:

Pakaian Bayi Lengkap

Siapkan pakaian bayi 6 set (asumsi 3 hari, untuk pagi dan sore) terdiri dari: pakaian lengan pendek dan lengan panjang, celana bayi, popok, selimut bayi, topi bayi, kain bedong, sarung tangan dan kaki.

Baca Juga  Tiga Puisi Rudi Fofid

Peralatan Perawatan Bayi

Di antaranya: handuk, sabun bayi, tisu kering, dan tisu basah. Walaupun sebagian rumah bersalin ada yang menyiapkan hal tersebut, namun akan lebih nyaman jika bawa sendiri dengan produk yang sudah kamu pilih untuk si kecil.

Itulah list yang bisa kamu siapkan untuk persiapan persalinan. Kalau ada yang mau menambahkan bisa tulis di kolom komentar ya, Beauties. Semoga bermanfaat!

(red/beautynesia)

No More Posts Available.

No more pages to load.