Jelang Lawan Argentina, Meneer Van Gaal Sebut De Oranje Lebih Baik dari Brasil

oleh -50 views
Link Banner

Porostimur.com, Doha – Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal menyebut timnya punya cara main yang identik dengan Belanda. Bahkan, gol-gol yang diciptakan De Oranje dinilai lebih baik ketimbang lima kali juara dunia tersebut.

Klaim berani itu disampaikan mantan pelatih Manchester United itu jelang Belanda menghadapi Argentina dalam babak 8 besar Piala Dunia 2022.

Duel ulangan semifinal Piala Dunia 2014 ini dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (10/12/2022) pukul 04.00 WIT di Stadion Lusail.

“Saya juga melihat [penampilan] Brasil kemarin, mereka benar-benar memainkan sepak bola yang sama dengan timnas Belanda. Mereka bermain dari pertahanan yang kompak dan berganti dengan sangat cepat,” kata Louis van Gaal dikutip dari ESPN, Rabu (7/12/2022).

Van Gaal pun merasa aneh bahwa media massa memiliki pandangan yang kontras terkait gaya bermain Belanda dan Brasil di Piala Dunia 2022 di mana Oranje dianggap membosankan, sementara Brasil “berkilauan”.

Pemain Belanda merayakan setelah berhasil menang saat pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda dan AS di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (3/12/2022). [Giuseppe CACACE / AFP]
Pemain Belanda merayakan setelah berhasil menang saat pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Belanda dan AS di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Sabtu (3/12/2022). [Giuseppe CACACE / AFP]

“Hal yang aneh adalah saya kemudian membaca di media, bahwa itu adalah sepak bola yang berkilauan, sementara kami juga melakukan itu,” kata Van Gaal.

Van Gaal mengklaim gol pembuka Belanda dalam kemenangan 3-1 atas Amerika Serikat di 16 besar adalah pergerakan dari sebuah tim superior.

Mereka menampilkan beberapa umpan satu sentuhan sebelum Denzel Dumfries melepaskan umpan terakhir yang disambar Memphis Depay untuk mengoyak jala Amerika Serikat.

Hal yang sama disebutnya juga dilakukan Brasil dalam gol ketiga mereka dalam kemenangan 4-1 atas Korea Selatan di 16 besar. Sebelum Richarlison mencetak gol, Selecao mempertontonkan beberapa operan impresif nan rumit dari dua bek tengah Marquinhos dan Thiago Silva.

“Kami juga mencetak gol dengan cara itu. Golnya jauh lebih bagus: itu adalah gol tim. Itu melebihi semuanya,” kata Van Gaal.

“Itu adalah momen terbaik di Piala Dunia ini. 10 kali bermain berlebihan dengan kecepatan tinggi, itu benar-benar gol yang super.”

Van Gaal pastinya mengharapkan permainan “superior” seperti yang diklaim bakal kembali diperagakan anak asuhnya ketika menghadapi Argentina di perempat final Piala Dunia 2022 pada 10 Desember mendatang.

Kedua negara bertemu di semifinal Piala Dunia 2014 dengan Argentina berhasil menyingkirkan De Oranje melalui adu penalti.

“Kami sudah berada di perempat final, Argentina tentu saja negara yang menyingkirkan kami terakhir kali melalui adu penalti. Kami masih memiliki skor yang harus diselesaikan,” jelas Van Gaal.

(red/suara)

No More Posts Available.

No more pages to load.