Kapolda Maluku & Forkopimda Hadiri Launching Kampung Tangguh

oleh -22 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar bersama Forkopimda menghadiri launching kampung tangguh yang kali ini dipusatkan di Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Selasa (10/11/2020).

Dalam laporannya, Pejabat Desa Poka Erik van Harlin, mengaku bersyukur kepada Allah SWT atas perlindunganNya kita diperkenankan ada sampai saat ini.

“Launching Kampung tangguh adalah program khusus Kapolri dan Panglima TNI yg digagas untuk dapat menjawab permasalahan ditengah kondisi pandemi dan patut diapresiasi sebagai bukti TNI/Polri dalam memperkuat ketahanan pangan dalam menghadapi pandemi Covid 19,” ujarnya.

Lanjut dikatakan, bahwa kegiatan ini merupakan gerakan positif dan inovasi bagi masyarakat saat ini.

“Masyarakat tidak kekurangan pangan karena mampu mengolah lahan tidur untuk bahan pangan masyarakat yang bernilai ekonomis,” ucapnya.

Baca Juga  6 Animator Asal Indonesia yang Sukses Menggarap Film Hollywood

Untuk Proses panen raya ini sendiri, kata dia, setiap tahun dan mengalami peningkatan pada tahun 2020 mencapai 5 ton.

“Adapun jumlah petani yang terlibat dalam launching kampung tangguh disini sebanyak 12 petani dari Desa Poka,14 petani Wayame, 5 petani Hunut,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Walikota Ambon, dalam sambutannya, mengatakan, satu-satunya kunci bahagia adalah bersyukur dan jangan mengeluh atas apa yg diberikan oleh Allah SWT, panas atau hujan yang berlebihan tetap syukuri nikmat yang tuhan berikan ini karena pengasihan Tuhan yang begitu luar biasa bagi kita.

“Sampai saat ini sdh 11 desa yg di launching kampung tangguh. Dimana masyarakat meminta bapak  Kapolda untuk melaunching kampung tangguh di beberapa desa yang telah dipersiapkan.

“Kita harus tangguh dari segi kesehatan, ketahanan dan keamanan,” ucap Walikota Ambon

Baca Juga  Polda Malut Imbau Masyarakat Waspada Kejahatan Modus Virus Corona

Danlantamal IX Ambon sendiri dalam sambutannya, mengatakan, kami sangat membanggakan masyarakat yqng bisa mengelola lahan ini dengan Baik.

“Trrima kasih kepada Walikota dengan adanya launching ini tanah kami juga sudah dijaga secara tidak langsung oleh warga dan semoga bisa dimanfaatkan dengan Baik,” ucap Danlantamal.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs Baharudin Djafar, dalam sambutannya, mengatakan, Alhamdulillah syukur kita kepada Allah SWT karena diberi kesempatan di tempat sederhana namun penuh dengan berkah.

“Ini merupakan launching yang keenam dan ini program Kapolri dan Panglima untuk mendukung masyarakat dalam menghadapi pandemi, di Maluku ini Ambon jadi yang pertama sebelum kota-kota lain,” kata Kapolda.

Lanjut dikatakan Kapolda, kampung tangguh adalah salah satu upaya para pemimpin secara langsung datang melihat masyarakat di tempat karena Pemimpin harus mengetahui warganya.

Baca Juga  Bidik Potensi Ikan Nemo, KKP Gelar Pelatihan RAS di Ambon

“Semakin banyak kampung yang didatangi semakin banyak masyarakat yang merasakan kepedulian dan perhatian dari pemimpin kepada warganya,” ucap Kapolda.

Lebih jauh, dikatakan, ketahanan pangan ini sangat Baik harus dipertahankan bukan saja saat ini tapi untuk seterusnya dan selanjutnya. Dan jadi pemimpin harus selalu mau dekat dengan  masyarakat.

“Launching kampung tangguh ini nampak sederhana dimata kita tapi sangat berpengaruh dengan pertumbuhan ekonomi kita saat ini,” pungkas Kapolda.

Untuk diketahui, hasil kebun yang dihasilkan dari program Kampung Tangguh ini diantaranya berupa keladi, kelapa, tomat, terong, jagung, sayur pari, kacang panjang, bunga pepaya, sayur botol dan sayur sawi. (keket)