Kasus Anggota DPRD Malut Tabrak Polantas Berlanjut ke Tahap Penyidikan

oleh -141 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kasus Anggota DPRD Maluku Utara (Malut) Wahda Z Iman (WZI) yang menabrak polisi lalu lintas (Polantas), Brigadir Abdul Muis Suroto, kini masuk ketahap penyidikan Polda Maluku Utara. Kasus yang sebelumnya ditangani Polres Kota Ternate ini, kini dilimpahkan ke Polda Maluku Utara.

Melalui konferensi pers, Jumat (11/06/2021) Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Adip Rojikan menyampaikan, bahwa berdasarkan Laporan Polisi LP/Nomor 44 No.05/2021 yang ditetapkan di Polres Ternate tanggal 9 Juni 2021, Polda Maluku Utara telah melakukan penyidikan.

Dalam penyidikan itu Polda Malut telah melakukan langkah-langkah untuk penyelidikan dengan delapan pemeriksaan sebanyak empat orang saksi. Kombes Adip Rojikan mengatakan, terlapor (WZI) sudah dilakukan pemeriksaan dan diperkuat dengan beberapa alat bukti saat kejadian tersebut.

Baca Juga  Fraksi PKS DPRD Halmahera Selatan Bantu Jurnalis yang Alami Musibah Kebakaran Rumah

“Pelapor sudah kita lakukan pemeriksaan dengan dukungan alat bukti,satu buah Hp Samsung, yang saat itu digunakan merekam peristiwa yang terjadi. Satu lembar SK pengangkatan yang membuktikan bahwa si korban (Polantas) merupakan sah sebagai salah satu aparat penegak hukum yang sedang melaksanakan tugas dilapangan, dilengkapi dengan surat pernah tugas”, katanya kepada wartawan.

Menurut Kombes Adip Rojikan, setelah mendengar rangkaian keterangan dari para saksi dan setelah dilakukan gelar perkara dari hasil penyelidikan, maka kasus ini ditingkatkan menjadi penyidikan pada tanggal 9 Juni 2021.

“Selanjutnya mengirim surat pemberitaan waktu penyidikan kepada CPU dan selanjutnya melakukan rangkaian tahap atau langka penyilidikan guna mengetahui dan menetapkan siapa yang menjadi tersangka terhadap peristiwa itu”, paparnya.

Baca Juga  Akselerasi Respons Vaksinasi, Polda Malut Lakukan Vaksin Pegawai Bank BTN

Sementara menurutnya, penerapan yang diterapkan adalah Pasal 212 dan atau 35 Ayat 1 KUHP Pidana dan atau Pasal 311 Ayat 1 UU No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kasus ini berawal pada saat WZI diduga secara sengaja melakukan kekerasan dengan cara menabrak seorang anggota Polantas Polres Ternate yang sedang bertugas, dimana saat itu Polantas tersebut sedang mengatur arus lalu lintas di kawasan Kampung Pisang, Sabtu petang (8/5/2021).

reporter:adhy
editor:alena