Kejati Malut Geledah Kantor BUMD Milik Pemkot Ternate

oleh -63 views
Link Banner

Porostimur.com – Ternate: Tim Penyidik Bidang Pidana Khusus, Kejaksaan Tinggi Maluku Utara melakukan penggeledahan terhadap Kantor Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), PT. Ternate Bahari Berkesan (TBB) milik Pemerintah Kota Ternate, Rabu (29/9/2021).

Penggeledahan di kantor yang beralamat di kawasan Ruko Jatiland, Kelurahan Gamalama, Kota Ternate Tengah itu, dilakukan sekitar pukul 16.30 WIT sore tadi.

Penggeledahan dalam rangka penyidikan kasus dugaan korupsi penyertaan modal pada Perusda PT TBB Tahun 2016 – 2019 ini dipimpin Koordinator Tim Penyidik, Samiaji Zakaria.

Disitat dari tandaseru.com, di dalam kantor yang kondisinya pengap dan gelap ini, sekitar 30 menit lamanya tim penyidik mengumpulkan tumpukan sejumlah dokumen, arsip dan beberapa unit komputer PC.

Usai penggeledahan, Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Malut, Richard Sinaga kepada sejumlah wartawan mengatakan, kegunaan dari penggeledahan ini untuk mempermudah penyidikan.

Baca Juga  3 hari, tim asistensi Operasi Mercury Polda Maluku ”sisir” Gunung Botak

Di mana sejumlah saksi yang diperiksa penyidik kerap memberi alasan bahwa data yang diminta ada di kantor.

“Jadi tidak ada lagi alasan yang mengatakan bahwa data-data itu ada di kantor. Karena selama ini yang kita dapati seperti itu,” terangnya.

Richard bilang, penyidik hanya mau melengkapi data-data diperlukan dalam proses penyidikan kasus ini. Jika nanti saat dipilah ada data-data yang tidak diperlukan maka akan dikembalikan ke Kantor Perusda PT TBB.

“Sebetulnya banyak sekali yang kita cari. Di antaranya adalah arsip-arsip SK keputusannya, anggaran dasarnya, buku kas dan terkait masalah administrasi pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh PT TBB,” jelasnya.

Untuk perkembangan dalam kasus ini, lanjut dia, sudah ada sekitar 20 saksi yang diperiksa penyidik.

Baca Juga  Ini Tanggapan Komisi I DPRD Kepsul Soal Pilkades Saat Hearing Bersama Mahasiswa

Sementara penggeledahan yang dikawal dua aparat polisi bersenjata lengkap juga dihadiri Komisaris PT TBB H. Amal Abdurahman, Lurah Gamalama Muhammad Ichsan, dan Aspidsus Kejaksaan Tinggi Malut M. Irwan Datuiding.

(red/tsc)

No More Posts Available.

No more pages to load.