Kemenag Usul Biaya Haji 2024 per Jemaah Rp105 Juta

oleh -67 views

Porostimur.com, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan soal Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) untuk tahun 2024 sebesar Rp105 juta per orang.

“Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi, pemerintah mengusulkan rata-rata BPIH per jamaah Rp105.095.032,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, pada Senin (13/11/2023)

“BPIH dikelompokkan ke dalam dua komponen yang dibebankan langsung kepada jamaah haji (Bipih) dan komponen yang dibebankan kepada dana nilai manfaat (optimalisasi),” tambahnya.

Ia menjelaskan BPIH ini disusun dengan asumsi nilai tukar kurs dollar AS terhadap rupiah sebesar Rp16 ribu. 

“Pembebanan Bipih (biaya perjalanan ibadah haji) harus menjaga prinsip istithaah dan likuiditas penyelenggaraan ibadah haji di tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Baca Juga  Samsung Rilis Galaxy Z Fold 6, Ini Perbedaannya dengan Galaxy Fold 5

Adapun BPIH meliputi komponen biaya penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, Armuzna, embarkasi/debarkasi, keimigrasian, dokumen perjalanan, hingga biaya hidup.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi mengatakan usulan besaran BPIH itu bakal menjadi bahan awal untuk pembahasan lebih lanjut dalam rapat-rapat Panja BPIH.

sumber: lambeturah

No More Posts Available.

No more pages to load.