Kemenhub Gelar FGD Penetapan Rencana Alur Pelayaran Masuk Pelabuhan Pulau Teor SBT

oleh -19 views

Porostimur.com, Bekasi – Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) rencana penetapan alur-pelayaran masuk Pelabuhan Pulau Teor di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provonsi Maluku.

Direktur Kenavigasian Capt. Budi Mantoro dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini berpedoman pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 129 Tahun 2016 Tentang Alur-Pelayaran di Laut dan Bangunan dan/Atau Instalasi di Perairan.

Budi Mantono menjelaskan, Pelabuhan Pulau Teor memiliki peran yang penting dalam mendukung aktivitas pelayaran lokal, pengangkutan barang dan transportasi penumpang antar-pulau.

“Meskipun ukurannya mungkin lebih kecil dibandingkan dengan pelabuhan-pelabuhan utama, Pelabuhan Pulau Teor tetap menjadi titik vital dalam sistem transportasi regional untuk mendukung perkembangan potensi sumber daya hayati laut, seperti ikan laut, rumput laut, budi daya air laut dan air payau yang tersebar di perairan laut Seram dan juga potensi wisata budaya dan wisata alam,” kata Capt. Budi di Bekasi, Rabu (22/5/2024.

Baca Juga  Pantau Harga Bapok, Penjabat Wali Kota Ambon Turun ke Pasar Mardika

Budi mengatakan, dalam mendukung rencana penetapan alur pelayaran masuk Kantor Distrik Navigasi (Disnav) Tipe A Kelas III Tual telah melaksanakan kegiatan survey mandiri. Terkait ketertiban lalu lintas kapal, pihaknya juga telah menyediakan pedoman perencanaan pembangunan dan pengembangan, pengendalian dan pengawasan serta sebagai fasilitas kepelabuhanan baik pembangunan, pengembangan dan operasional untuk saat ini maupun saat yang akan datang.

No More Posts Available.

No more pages to load.