Klaster Tambang Emas NHM di Halut, 251 Karyawan Dinyatakan Positif Covid-19

oleh -163 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Halmahera Utara Muhamad Tapi-Tapi menyebut ada 251 karyawan PT. Nusa Halmahera Minerals (NHM)  yang terkonfirmasi positif virus Covid-19. 

“Jumlah kasus positif virus Corona di Halmahera Utara sebanyak 757 kasus. yang sembuh sebanyak 440 orang, meninggal sebanyak 10 orang dan sisanya sebanyak 307 kasus termasuk 251 karyawan PT.NHM. dimana, beberapa hari terakhir ini jumlah kasus meningkat dan sudah dilakukan penanganan seperti isolasi mandiri,” ujar Muhamad Tapi-Tapi, Senin (28/6/2021).

Para karyawan PT. NHM tersebut kemudian langsung diangkut dengan menggunakan bus menuju salah satu hotel yang disewa pihak perusahan  sebagai tempat karantina khusus karyawan di Kota Ternate.

Dengan adanya kasus positif puluhan karyawan ini, menambah daftar kasus positif terpapar virus Corona di wilayah pertambangan PT. NHM menjadi 251 orang, dan merupakan klaster baru yang dinamakan klaster pertambangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Idhar Sidi Umar menuturkan, dengan adanya kasus baru terpaparnya puluhan karyawan perusahan PT. NHM, menambah daftar angka kasus positif virus Corona serta mengalami peningkatan jumlah kasus dan merupakan klaster baru di wilayah pertambangan.

Baca Juga  Profesor Penjahat Sebut Jokowi Setujui Pemprov NTT Dapat 5 Persen dari Blok Masela

“Kasus positif virus Corona di Maluku Utara, terjadi peningkatan sejak bulan Mei kemarin, dan pada bulan Juni ini kasusnya terus meningkat. ini disebakan saat warga melaksanakan liburan yang kurang menerapkan protokol kesehatan, dan kemungkinan besar adanya warga pendatang yang masuk ke wilayah Maluku Utara.

Diketahui, 251 karyawan PT. NHM, kini menjalani masa karantina yang tersebar di dua daerah, yakni di Kabupaten Halmahera Utara dan Kota Ternate. hingga saat ini data kumulatif pasien kasus positif Corona dari Satuan Tugas Provinsi Maluku Utara mencapai 5.035 kasus yang tersebar di sepuluh Kabupaten dan Kota. (sarjan)