Kunjungan Kerja Di Aru, Koorsahli Kasad Tinjau Progam TMMD Ke-110 TA.2021 Kodim 1503/Tual

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Dobo: Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kepala Staf TNI AD (Kasad) Letnan Jendral TNI Besar Hartono Karyawan, S.H., M. Tr (Han) selaku Ketua Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD ke-110 bersama Rombongan melakukan kunjungan kerja meninjau sekaligus pengawasan dan evaluasi pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 TA.2021 wilayah Kodim 1503/Tual, Kabupaten Kepulauan Aru. pada Rabu (24/3/2021) kemarin.

Kedatangan Koorsahli Kasad dan rombongan di Aru menggunakan pesawat Wings Air dan tiba di Bandara Rar Gwamar Dobo langsung disambut Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga bersama Dandim 1503/Tual Letkol Inf Christian Mario Noya, Sekda Aru Moh. Jumpa, Ketua DPRD Aru Udin Belsigaway, Danlanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, SH. M. Tr. Hanla, Kapolres Kepulauan Aru AKBP Sugeng Kundarwanto, SH serta pimpinan Forkopimda lainnya.

Disela-sela peninjuan progam TMMD Ke-110 di kompleks Kampung Baru Kelurahan Siwalima Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Letjen TNI Besar Hartono Karyawan, S.H., M. Tr (Han) mengungkapkan, agar kedepannya ketika ada kegiatan TMMD di Kepulauan Aru lagi, maka tugasnya Pemerintah Daerah (Pemda) adalah mencari nilai-nilai pembangunan yang bernilai strategis sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga  Bupati Halmahera Utara Terima Penghargaan BPH Migas Award 2020

“Harapan kami kedepan agar ada TMMD lagi di sini (Aru), maka Pemda Aru harus sudah bisa mencari nilai-nilai pembangunan yang bernilai strategis. Jadi bukan saja kegiatan fisik, tetapi nonfisik juga ya,” ucapnya.

Link Banner

Dijelaskan, kenapa bukan saja fisik tetapi juga nonfisik, kata Letjen TNI Besar Hartono Karyawan, S.H., M. Tr (Han), karena tujuannya sangat baik untuk peningkatan taraf hidup masyarakat. Sebab kebersamaan TNI dan masyarakat bersama-sama membangun desanya ini, harapan kita terbangun di situ sekaligus juga melibatkan sasaran non fisik dari kegiatan dinas-dinas pemerintahan yang lainnya bisa diikut sertakan berupa penyuluhan -penyuluhan pencegahan dan sebagainya.

“Ya janganlah kita mononton ke yang fisik saja. Non fisik juga perlu. Karna potensi wilayah Kepulauan Aru ini luar biasa jadi harus dimanfaatkan dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, semestinya proses TMMD ini bertujuan untuk mengajak masyarakat belajar melihat setiap objek. Olehnya itu, biasakan otak berpikir untuk melihat suatu potensinya tentang kelebihan dan kekurangan yang menonjol dari objek pembangunan sehingga muncul solusi-solusi demi mengembangkan taraf hidup masyarakat setempat.

“TMMD ini bertujuan untuk melihat objek dilingkungan sekitar. Jadi, ya otak kita harus berfikir kritis untuk melihat potensi kekurangan dan kelebihan, sehingga muncul solusi-solusi taraf hidup,” jelas Pria berpangkat Bintang Tiga di pundaknya ini.

Baca Juga  Wijin Sebut Bagian Tubuh Gisella ini Paling Disukai

Sebelumnya, Dandim 1503 Tual Letkol Inf Christian Mario Noya menyampaikan paparannya terkait pelaksanaan TMMD di Kepulauan Aru. Menjelaskan, tujuan pembangunan Drainase pembuangan air ( Gorong-Gorong ) di kompleks Kampung Baru Kota Dob o tersebut yakni untuk mengurangi kelebihan air dari lahan sekitaran pemukiman masyarakat sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal oleh masyarakat sekitar lokasi pembangunan. “Kami buat drainase di sini karena setiap musim hujan warga di Kampung Baru ini selalu digenangi air,” katanya.

Sementara Lanjut Letkol Inf Christian Mario Noya, pembuatan jembatan penghubung antara masyarakat Perkampungan Rakyat dengan kampung Belakang Wamar dan Kilo 9 dengan ukuran panjang 10 meter dan lebar 6 meter bertempat di Area Perumahan Rakyat, Jl. Perak, RT/RW 008/05, Kelurahan Siwalima, dikerjakan oleh personil Satgas TMMD sebanyak 54 personil TNI/Polri serta warga masyarakat sekitar.

“Dengan adanya jembatan tersebut dapat menjadi salah satu prasarana transportasi untuk menunjang kelancaran pergerakan lalu lintas bagi warga masyarakat sekitar agar ke depannya masyarakat lebih merasakan adanya perhatian pemerintah khususnya TNI AD pada pelaksanaan TMMD ke-110 di Kabupaten Kepulauan Aru,” terang Dansatgas TMMD ke 110 Kodim 1503/Tual ini.

Baca Juga  Bupati KTT Tekankan Pilkades Serentak 2021 Harus Bebas dari Intimidasi

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat Kampung Baru, Bapak Junaidi dihadapan Koorsahli Kasad beserta rombongan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI dalam program TMMD ke 110 di Kabupaten Kepulauan Aru, karena tujuannya sangat baik dalam membantu pemerintah dan masyarakat di daerah ini.

”Atas nama masyarakat disini, apresiasi yang setinggi-tingginya kami berikan kepada TNI dalam program TMMD ini, karena sangat baik dan telah membantu kami masyarakat dan Pemerintah di Aru tercinta ini,” tutupnya.

Untuk diketahui, kunjungan kerja Koorsahli KASAD Letnan Jendral TNI Besar Hartono Karyawan bersama rombongan di Kepulauan Aru kota Dobo hanya berlangsung 1 jam lebih, kemudian rombongan melanjutkan penerbangan dengan Wings Air menuju Bandar Udara Langgur Tual dengan agenda lainnya. (keket)