Kunker ke Ambon, Wapres Pimpin Rakor Percepatan Penanggulangan Kemiskinan di Maluku

oleh -102 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin pagi tadi tiba di Kota Ambon untuk melakukan kunjungan kerja di Provinsi Maluku, Rabu (13/10/2021).

Menggunakan Pesawat Khusus Kepresidenan Boeing 737- 400 TNI AU, Wapres didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas tiba di Bandara Pattimura Ambon, Maluku, sekitar pukul 12.30 WIT.

Setibanya di Bandar Udara Pattimura Ambon, Wapres beserta Ibu Wury Ma’ruf Amin dan rombongan disambut oleh Gubernur Maluku beserta istri dan Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Maluku.

Selanjutnya, Wapres menuju Kantor Gubernur Maluku untuk memimpin Rapat Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di lima kabupaten sasaran prioritas tahun 2021.

Wakil Presiden dalam kesempatan rapat di Kantor Gubernur Maluku mengatakan, dia meeasa bersyukur, karena hari ini dapat bersilaturrahim dan berkordinasi dengan Gubernur dan lima Kepala Daerah di Provinsi Maluku.

Baca Juga  Ubah Lagu Hati yang Kau Sakiti Dalam Bahasa Korea, Rossa Buat Gempar Korea Selatan

“Agenda utama saya adalah menyelesaikan dan mempercepat proses penanggulangan kemiskinan ekstrim di lima Kabupaten. Di antaranya Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Seram Bagian Timur,” katanya.

Kyai Maruf menjelaskan, anggaran pemerintah untuk mendukung penanggulangan kemiskinan untuk perlindungan sosial maupun pemberdayaan kelompok miskin ekstrem jumlahnya cukup besar, yakni mencapai Rp 500 Triliun.

Jumlah tersebut menurutnya, belum termasuk anggaran yang di Danai APBD Provinsi dan Kabupaten.

“Karena itu saya mengarahkan agar konvergensi program harus dilakukan dengan segera,” katanya.

Wapres bilang, di sisa waktu tahun 2021 yang hanya tinggal tiga bulan akan disiapkan juga bantuan tambahan uang tunai khusus untuk rumah tangga miskin ekstrem di lima Kabupaten prioritas di Maluku.

Baca Juga  Susul Suaminya, Istri Walikota Tidore Kepulauan Dirujuk ke RSUD Chasan Boesoirie Ternate

“Untuk program khusus ini, pemerintah akan menggunakan program yang telah ada, yaitu program sembako, dan BLT-Desa, untuk memberikan dukungan tambahan bagi kelompok miskin ekstrem di lima Kabupaten prioritas,” pungkasnya.

Usai pertemuan, Wapres menyempatkan diri untuk meninjau Produk Pemberdayaan Masyarakat Industri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM).

Turut mendampingi Wapres dalam penerbangan antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. (red)

No More Posts Available.

No more pages to load.