Lagi Gempa M 5,1 dan M 3.0 Guncang SBT dan Kairatu-Maluku

oleh -88 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Gempa dengan Magnitudo 5,1 terjadi di Seram Bagian Timur (SBT) , Maluku, tepatnya 149 kilometer Tenggara Seram bagian Timur, pada Senin (2/12/2019) pukul 06:44:20 WIB dining hari, atau pukul 08:44:20 WIT pagi tadi,

Mengutip dari Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada kedalaman 24 kilometer tersebut tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di perairan pada koordinat 4.44 Lintang Selatan dan 130.66 Bujur Timur, atau 85 km Timur Banda), Gempa Dirasakan (MMI) III di Banda

Sebelumnya, Gempa juga terjadi di Kairatu, Seram bagian Barat. Gempa bermagnitudo 3.0 ini terjadi pada 02:07:26 WIB dini hari atau pukul 04:07:26 WIT

Baca Juga  Abas Orno Lahir di Tenda Pengungsian

Gempa berlokasi pada: 3.39 LS, 128.40 BT (Pusat gempa berada di darat 7 km Tenggara Kairatu-SBB), pada kedalaman: 10 Km Dirasakan (MMI) III Kairatu.

BMKG mengidentifikasi lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Selain itu, BMKG juga merilis hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah Maluku itu dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar mendatar (strike slip fault).

Baca Juga  Kapolda Maluku Memimpin Diskusi dan Memberikan Arahan Kepada PJU Polda Maluku

Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi lebih lanjut mengenai gempa tersebut.

BMKG mengimbau masyarakat tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak benar, sedangkan BMKG juga mengimbau agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (red/rtl)