LBH Sibualamo Polisikan Akun Palsu yang Hujat Bahrain Kasuba

oleh -219 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Yayasan Bantuan Hukum (LBH) Sibualamo melaaporan dugaan pencemaran nama baik dan atau ujaran kebencian terhadap Bupati Halmahera Selatan dan keluarga besar Kasuba yang dilakukan oleh pengguna akun palsu atas nama Elindha Indha puspitasary di platform facebook.

Pelaporan dilakukan oleh Direktur Yayasan Bantuan Hukum Sibualamo, Safri Nyong SH, ke polres Halmahera Selatan.

“Direktur YBH Sibualamo mendatangi SPKT Polres Haslel untuk melaporkan dugaan ujaran kebencian yang disampaikan oleh seseorang terhadap Bahrain Kasuba Bupati Halsel,” ujar Safri pada media Jumat, (03/01/2020)

Berdasarkan dugaan status facebook yang diunggah pada group facebook Pilkada Halmahera Selatan 2020, Elindha membuat plesetan Kasuba yang merupakan marga dari Bahrain menjadi “kase ULO Bafoya”.

Akun yang diduga palsu tersebut juga mengunggah kalimat “Bole tau bupati kakarlak ada di labuha atau di pogo-pogo e, kakarlak ngana pe utang di pangkalan minyak di pelabuhan Habibi belum bayar bautang katas kabawa pogo-pogo, utang minyak so 50 ton.

Baca Juga  Veronica Koman Ungkap Fakta Asli Dibalik Evakuasi Ribuan Warga Tembagapura

Safri kepada wartawan mengatakan akan terus mengawal proses hukumnya hingga tuntas.

Pasalnya perbuatan yang di lakukan oleh pengguna akun atas nama Elindha Indha Puspitasary menurutnya telah mencedrai nama baik Bupati Halmahera Selatan dan nama baik keluarga besar Kasuba.

“Atas ungkapan yang di unggah melalui medsos. Perbuatan tesebut telah melanggar pasal 28 dan pasal 30 uu ITE junto pasal 156/KUHP. Dengan ancaman 4 tahun penjara,” kata Safri.

“Semakin hari makin banyak netizen yang menghujat Bupati Halsel dengan kalimat yang sangat keterlaluan. Bahkan ucapan yang tidak dibolehkan dalam agama manapun dan budaya manapun,” sambungnya.

Ia menambahkan, laporan tersebut dimaksudkan agar dapat memberi pelajaran kepada warganet untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

Baca Juga  Iron Dome Israel Bobol, Roket Gaza Terjang Daerah Dekat Tel Aviv

Kami harap Polres Halmahera Selatan segera menindak lanjuti dengan serius,” tutupnya. (red/adhy)